ATM di Subulussalam Sering Kosong, BI  Minta Bank Pastikan Ketersediaan Uang 

"Untuk masalah ATM sering kosong di Subulussalam akan kami tindalanjuti dengan mengkonfirmasi bank terkait,"

ATM di Subulussalam Sering Kosong, BI  Minta Bank Pastikan Ketersediaan Uang 
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Dua unit ATM BNI Cabang Pembantu Subulussalam di Jalan teuku Umar tidak bisa transaksi tunai. Foto direkam, Kamis (7/6/2018). 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Keluhan sering terjadinya kekosongan uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kota Subulussalam ditanggapi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh.

"Untuk masalah ATM sering kosong di Subulussalam akan kami tindalanjuti dengan mengkonfirmasi bank terkait," kata Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Aceh, Teuku Munandar kepada Serambinews.com, Jumat (8/6/2018).

Teuku Munandar meminta perbankan di wilayah Aceh menjamin ketersediaan uang di mesin ATM selama libur Idul Fitri mendatang. 

Baca: Giliran ATM BNI Subululussalam Kekosongan Uang Tunai

Menurut Teuku Munandar, BI menjamin ketersediaan uang tunai cukup untuk kebutuhan masyarakat di seluruh Aceh selama libur lebaran.

Diakui, menghadapi puasa dan lebaran, memang kebutuhan uang tunas masyarakat meningkat, baik untuk pecahan kecil maupun pecahan besar (untuk ATM).

Oleh karenanya BI setiap tahun melakukan proyeksi kebutuhan uang di bulan puasa dan lebaran, sesuai dengan kebutuhan perbankan.

Dikatakan, tahun 2017, uang yang keluar dari BI (outflow) untuk kebutuhan perbankan di wilayah kerja BI Provinsi Aceh (13 Kab/Kota) mencapai Rp 1,24 triliun.

Baca: Penarikan Uang Tinggi, Sejumlah ATM di Subulussalam Kosong

Sementara tahun ini, BI Aceh memproyeksikan kebutuhan uang di bulan puasa dan lebaran mencapai Rp 2,1 triliun.

“Dan kami telah menyediakan stok uang yg cukup untuk kebutuhan tersebut. Hingga saat ini kebutuhan perbankan dapat dipenuhi oleh Bi,” ujar Munandar.

Lantaran itu, menurut Munandar tidak ada alasan uang kosong sebab BI sudah memastikan ketersediaan terkait.

Menyangkut ketersediaan ATM, BI meminta agar perbankan memastikan ketersediaan uang di ATM selama masa liburan.

Pun demikian soal kasus tidak beroperasinya sejumlah ATM di Subulussalam, Munandar menyatakan akan mengkonfirmasi ke perbankan setempat guna mengetahui penyebabnya. (*)

Penulis: Khalidin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved