Pangdam: Dalam 1x24 Jam Pemilik Lahan Terbakar Harus Melapor

Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin SH SIP MH memerintahkan Dandim 0107

Pangdam: Dalam 1x24 Jam Pemilik Lahan Terbakar Harus Melapor - euku-abdul-hafil-fuddin-menggunakan-motor-trail_20180613_094222.jpg
Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin menggunakan motor trail saat melihat langsung lokasi kebakaran lahan warga, di Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan, Selasa (12/6). SERAMBI/BUDI FATRIA
Pangdam: Dalam 1x24 Jam Pemilik Lahan Terbakar Harus Melapor - pembukaan-lahan-baru-di-desa-ujung-padang_20180613_094246.jpg
Kumpulan asap terlihat dilokasi pembukaan lahan baru di Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan, Selasa (12/6). SERAMBI/BUDI FATRIA

* Kebakaran Juga Terjadi di Aceh Besar dan Abdya

TAPAKTUAN - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin SH SIP MH memerintahkan Dandim 0107/Aceh Selatan menangkap pelaku pembakar lahan gambut di Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan dan menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk ditindak sesuai aturan dan hukum yang berlaku.

“Tangkap pelaku pembakaran lahan dan serahkan ke pihak kepolisian. Agar pelaku pembakaran lahan itu cepat diketahui, kita sarankan camat mengultimatum pemilik lahan agar dalam waktu 1x24 jam melapor ke Posko Penanganan Kebakaran. Jika tidak ada yang melapor, cabut izin garap dan alihkan lahan tersebut untuk desa atau kecamatan,” tandas Pangdam IM.

Penegasan itu disampaikan Jenderal Hafil Fuddin saat meninjau lokasi kebakaran lahan di Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Selasa (12/6).

Pangdam berangkat dari Banda Aceh dengan helikopter Kodam IM, tiba di lapangan sepakbola Desa Keude Bakongan sekitar pukul 09.00 WIB disambut Sekda Aceh Selatan H Nasjuddin SH MM, Ketua DPRK Aceh Selatan Zulhelmi, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf Hary Mulyanto, dan Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST. Tampak juga hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Selatan Erwiandi SSos MSi, Camat Bakongan Isa Ansari SH beserta unsur Muspika Bakongan.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Pamdam IM didampingi Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kodam IM Letkol Inf Hasandi Lubis SIP, Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Aswardi SE serta beberapa pejabat Kodam IM lainnya.

Di Posko Penanganan Kebaran Lahan di Desa Keude Bakongan--sebelum turun ke titik kebakaran dengan sepeda motor--Mayjen Abdul Hafil Fuddin memerintahkan Dandim 0107/Aceh Selatan menangkap pelaku pembakaran lahan gambut di Desa Ujung Padang dan menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk ditindak sesuai aturan dan hukum yang berlaku.

“Tangkap itu pelaku pembakaran lahan dan serahkan ke pihak kepolisian. Agar pelaku pembakaran lahan itu cepat diketahui, kita sarankan camat mengultimatum pemilik lahan agar dalam waktu 1x24 jam melapor ke Posko Penanganan Kebakaran. Jika tidak ada yang melapor, cabut izin garap dan alihkan lahan tersebut untuk desa atau kecamatan,” tandas Pangdam IM.

Menurut Pangdam IM, persoalan kebakaran lahan merupakan persoalan nasional yang harus diantisipasi, karenanya Pangdam berharap kepada Pemkab Aceh Selatan beserta Kodim dan Polres untuk gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat supaya tidak membakar lahan secara serampangan. “Jika tak dipatuhi, ya tangkap saja,” tegasnya.

Menanggapi saran Pangdam IM, Camat Bakongan Isa Ansari berjanji akan menyurati keuchik untuk mendata pemilik lahan yang terbakar tersebut. Jika dalam waktu 1X24 jam pemilik lahan juga tidak melapor ke Posko Penanggulangan Kebakaran maka pihaknya akan mengalihkan lahan mereka untuk desa dan kecamatan. “Saran Pak Pangdam akan segera kita tindaklanjuti,” kata Isa.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help