Badai Amuk Aceh

Angin kencang kembali menerjang sejumlah wilayah Aceh sejak beberapa hari terakhi

Badai Amuk Aceh
Rumah warga Gampong Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Senin (9/7), rusak diterjang angin kencang. SERAMBI/M NAZAR 

BANDA ACEH - Angin kencang kembali menerjang sejumlah wilayah Aceh sejak beberapa hari terakhir. Kawasan-kawasan yang mulai merasakan dampak badai antara lain Banda Aceh, Aceh Besar, Bener Meriah, Pidie, Lhokseumawe, Aceh Utara, dan sejumlah wilayah lainnya.

Hujar deras yang diserta angin kencang menerjang Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh sejak dua hari terakhir menyebabkan rumah penduduk, perkantoran, fasilitas publik serta pohon-pohon di pinggir jalan bertumbangan.

Dari Banda Aceh dilaporkan, hujan dan angin kencang mengakibatkan tiga rumah di Kecamatan Baiturrahman tertimpa pohon dan atap diterbangkan angin.

Masih di Kecamatan Baiturrahman, beberapa pohon besar tumbang, Selasa (10/7), antara lain di pinggir Jalan Syech Muda Wali (depan Dinkes dan BPM Aceh), kawasan Blangpadang. Angin kencang juga memecahkan kaca lantai dua Kantor Camat Ulee Kareng.

Angin kencang yang melanda Banda Aceh juga menyebabkan seorang warga tewas akibat sepeda motor yang dikendarainya menabrak pohon cemara yang tumbang di jalan inspeksi Krueng Aceh, kawasan Desa Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng, Selasa (10/7) subuh.

Korban tewas tersebut bernama Bustanil Arifin (30), warga Gampong Lambhuk, Banda Aceh yang sehari-hari berjualan sayur di Pasar Peunayong.

Di Aceh Besar, dampak angin kencang selama dua hari, Senin dan Selasa (9-10/7), dilaporkan terjadi di sembilan kecamatan. Menurut data Pusdalops-PB Aceh Besar yang disampaikan Plt Kalak BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil, kecamatan yang mengalami dampak badai yaitu Darul Kamal, Sukamakmur, Baitussalam, Kota Jantho, Peukan Bada, Simpang Tiga, Ingin Jaya, Darul Imarah, Indrapuri, dan Kuta Cot Glie. (Baca laporan rinci di halaman 3).

Bener Meriah
Di Bener Meriah, sebanyak tiga tiang listrik dan sebatang pohon besar tumbang di ruas jalan provinsi Simpang Teritit-Pondok Baru, tepatnya di Kampung Panji Mulia, Godang, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (10/7).

Kabid Kedaruratan BPBD Bener Meriah, Agus Amvera kepada Serambi menginformasikan, amukan badai terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Tumbangnya tiang listrik dan pohon sempat mengganggu arus lalulintas di ruas jalan tersebut. Dampak lainnya, aliran listrik di beberapa kawasan Bener Meriah juga padam. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu,” kata Agus.

Pidie
Di Kabupaten Pidie, belasan rumah di Gampong Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, Senin (9/7) sekitar pukul 15.30 WIB rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help