PKA 7

Hanya Lima Daerah Ikuti Semua Lomba PKA

Dari 23 kabupaten dan kota, hanya lima daerah yang mengikuti semua rangkaian perlombaan dalam Pekan

Hanya Lima Daerah Ikuti Semua Lomba PKA

BANDA ACEH - Dari 23 kabupaten dan kota, hanya lima daerah yang mengikuti semua rangkaian perlombaan dalam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 di Banda Aceh, 5-15 Agustus 2018, yakni Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Aceh Tengah, dan Aceh Barat.

“Sedangkan daerah lainnya, sampai batas akhir pendaftaran, tidak mendaftarkan diri. Jadi diaggap tidak ikut lomba,” kata Radius, tenaga ahli PKA 7 disela-sela memimpin pertemuan dihadiri utusan kabupaten/kota di Museum Negeri Aceh, Banda Aceh, Rabu (11/7).

Materi acara yang dilombakan terbagi kepada Aneka Lomba, meliputi kerajinan anyaman tangan khas Aceh, cato Aceh, egrang, gaseng, geulayang tunang, lomba jalo, masakan ikan, dan kue tradisional. Pagelaran Budaya meliputi upacara adat perkawinan, peudama ureung, suson ranub, bouh gaca, peragaan busana adat Aceh, dan peuayon aneuk.

Bidang Pawai Budaya yang dilombakan pejalan kaki, kendaraan hias, putroe ranub/bungong. Bidang Pertunjukan Seni meliputi tari kreasi, seudati tunang, dalail khairat, meureukon, zikir maulid, seni pertunjukan sendratari, cagok (lawak Aceh), lomba cipta, dan baca puisi bahasa daerah, musik garapan tradisional, dan melukis.

Sementara untuk eksebisi seni, terdapat lima daerah yang tidak mengikuti seluruhnya, yaitu Bener Meriah, Tamiang, Simeulue.

Radius mengatakan untuk eksebisi seni memang tidak diharuskan diikuti, tapi yang ikut serta mendapat nilai, yang bisa jadi akumulatif nilai akhir. “Untuk lomba seni, juaranya akan mendapat nilai dan hadiah. Sedangkan eksebisi, hanya mendapat nilai saja, tidak mendapat juara,” ujar Radius. (fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved