PKA 7

Mendikbud Buka PKA 7

Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 akan dibuka secara resmi malam ini di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya

Mendikbud Buka PKA 7
RAHMAD RADEN, Karo Humas dan Protokoler Aceh

BANDA ACEH - Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 akan dibuka secara resmi malam ini di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI setelah Presiden Jokowi urung hadir. Acara seremonial pembukaan akan disuguhkan secara megah dan spektakuler, dibalut dengan ragam atraksi budaya tradisi dan futuristik.

Diprediksikan, puluhan ribu masyarakat akan berbondong-bondong menyaksikan pembukaan PKA ke-7 nanti malam. Sejumlah tamu undangan dari kabupaten/kota, luar Aceh, bahkan dari mancanegera juga sudah hadir di Banda Aceh sejak kemarin--sebagian lagi akan tiba hari ini--untuk menyaksikan gelar seni dan budaya tersebut.

Pantauan Serambi hingga tadi malam, panitia acara pembukaan PKA ke-7 masih melakukan pelbagai persiapan di venue Stadion Harapan Bangsa. Para pengisi acara seremonial juga melakukan gladi bersih, temasuk penampilan tarian massal yang melibatkan 1.100 penari dan berbagai penampilan lainnya.

Nanti malam, acara seremonial pembukaan akan diawali dengan penabuhan rapa-i pasee oleh Grup Raja Buwah dengan alunan syair ‘wamulee’ yang akan dilantunkan oleh penyanyi Aceh, Joel Pasee. Tabuhan rapa-i ini akan mengantarkan para pejabat tinggi yang hadir hingga duduk di kursi yang telah disediakan panitia.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Takdir Feriza dilanjutkan dengan salawat badar. Setelah itu, giliran penyanyi muda Aceh, Syahrial yang akan melantukan theme song PKA ke-7 dilanjutkan dengan defile dari kabupaten/kota. Kemudian kata sambutan sekaligus pembukaan PKA ke-7 disambut tabuhan rapa-i pasee yang gemuruh.

Terakhir, ada atraksi seni budaya, penampilan Tari Guel, teater, dan acara puncak yaitu penampilan tari massal oleh 1.100 penari dengan tema ‘Aceh Lhee Sagoe’. Tarian ini menggambarkan tentang kebudayaan delapan etnik yang ada di Aceh. Tarian massal tersebut melibatkan 33 sanggar tari dan teater di Banda Aceh dan Aceh Besar. Tak kalah menariknya, pertunjukan itu dikombinasikan dengan penayangan video mapping yang fantastis.

Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs Amiruddin MSi yang dihubungi Serambi tadi malam mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh pihaknya sudah 100 persen. Bahkan untuk semua yang terlibat dalam acara seremonial pembukaan, terus melakukan gladi hingga tadi malam di Stadion Harapan Bangsa. “Kita sudah melakukan gladi sebanyak empat kali, insya Allah kita sudah sangat siap untuk melaksanakan pembukaan besok malam (nanti malam-red),” kata Amiruddin.

Dia juga menyebutkan, kegiatan pembukaan akan dimulai pukul 20.15 WIB sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan. Pembukaan PKA juga bisa dihadiri oleh masyarakat umum. “Pembukaan nanti malam terbuka untuk umum, siapa saja boleh masuk. Kita mengimbau masyarakat tetap tertib dan datang lebih awal sebelum acara dimulai,” katanya sembari menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengawalan keamanan nanti malam.

PKA 7/2018 dibuka oleh Mendikbud RI, Prof Dr Muhadjir Effendy. Presiden Joko Widodo yang semula dijadwalkan hadir batal karena beradu dengan kegiatan lain.

“Sampai hari ini yang kita dapat kabar, Pak Jokowi ada agenda di Jakarta pada tanggal 5 Agustus. Jadi direncanakan akan dibuka oleh Mendikbud. Semula Pak Menteri mendampingi Pak Presiden, karena Pak Presiden batal datang, jadi beliau yang akan buka,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Rahmad Raden, tadi malam.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved