73 KK Terkena Dampak Puting Beliung, Pemkab Aceh Timur Salurkan Bantuan

pihaknya telah melakukan pembersihan terhadap rumah warga yang rusak baik akibat atapnya diterbangkan angin, maupun akibat ditimpa pohon

73 KK Terkena Dampak Puting Beliung, Pemkab Aceh Timur Salurkan Bantuan
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
BPBD Aceh Timur salurkan bantuan logistik untuk kepala keluarga yang terkena dampak puting beliung di sejumlah kecamatan di Aceh Timur, Selasa (7/8/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Selasa (7/8/2018) menyalurkan bantuan masa panik terhadap kepala keluarga (KK) yang rumahnya rusak akibat dihantam angin puting beliung disertai hujan deras.

Kepala BPBD Aceh Timur, Syahrizal Fauzi mengatakan, berdasarkan hasil pendataan sementara rumah rusak sebanyak 68 rumah, terdiri dari 22 unit rumah rusak berat, 4 unit rusak sedang, dan 40 unit rusak ringan.

Ke-68 rumah yang terkena dampak ini tersebar di enam kecamatan, yaitu di Kecamatan Nurussalam, Indra Makmu, Idi Tunong, Julok, Darul Aman, dan Pante Bidari.

Baca: Direktorat dan Disdik Tingkatkan Kapasitas Pelaku Pendidikan di Aceh Timur

Dari enam kecamatan itu, Indra Makmu merupakan kecamatan terparah terkena dampak.

Sementara kepala keluarga yang terkena dampak, yaitu sebanyak 73 KK, dan 282 jiwa.

“Jumlah ini bisa bertambah karena petugas masih melakukan pendataan di lapangan,” jelas Syahrizal.

Syahrizal mengatakan, satu orang di Kecamatan Indra Makmu juga mengalami luka ringan akibat tertimpa runtuhan rumah yang ditimpa pohon atas nama Abadi warga Gampong Blang Nisam.

Syahrizal mengatakan, pihaknya telah melakukan pembersihan terhadap rumah warga yang rusak baik akibat atapnya diterbangkan angin, maupun akibat ditimpa pohon.

“Kita juga sudah menyalurkan bantuan logistik berupa perbekalan seperti selimut, dapur keluarga, tenda, tas, buku, dan peralatan tulis, dan sejumlah bantuan lainnya,” jelas Syahrizal, seraya menyebutkan, tidak ada warga yang mengungsi akibat kejadian ini.

Baca: Satu Rumah di Kecamatan Bintang Rusak Diterjang Puting Beliung, Seorang Warga Terluka

Terhadap rumah yang rusak berat, jelas Syahrizal, juga akan dilakukan rehab.

“Karena itu saat ini kita sedang mendata dan mengecek kerusakan setiap rumah yang terkena dampak,” paparnya.

Kepala Dinsos Aceh Timur, Elfiandi mengatakan, pihaknya juga telah mendata jumlah kepala keluarga yang terkena dampak angin puting beliung, dan telah menyalurkan bantuan sembako.

“Bantuan sembako sudah kita kirimkan ke semua kecamatan untuk disalurkan kepada kepala keluarga yang terkena dampak,” jelas Elfiandi. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help