PKA 7

Banda Aceh Juara Anyaman

Banda Aceh terus mengumpulkan kemenangan. Dalam lomba anyaman PKA, Kota Banda Aceh menempatkan diri

Banda Aceh Juara Anyaman
PESERTA dari sejumlah kabupaten kota di Aceh mengikuti lomba menganyam yang digelar dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Museum Aceh, Banda Aceh, Senin (13/8). 

BANDA ACEH -- Banda Aceh terus mengumpulkan kemenangan. Dalam lomba anyaman PKA, Kota Banda Aceh menempatkan diri sebagai juara I.

Juara II dan III diraih Aceh Barat dan Kota Langsa. Harapan I, Harapan II, dan Harapan III masing-masing Aceh Timur, Gayo Lues, dan Singkil.

Lomba anyaman diselenggarakan di halaman Museum Aceh, diikuti 16 kabupaten/kota. Lailisma Sofiyati, ketua dewan juri, mengatakan, aspek penilaian antara lain kreativitas, bahan anyaman, disain dan konsep anyaman. “Juga kita lihat nilai ekonomisnya,” kata Lailisma.

Sejumlah kabupaten/kota memanfaatkan bahan-bahan alam sebagai materi anyaman, antara lain rotan, pandan, eceng gondok dan sebagainya. Semua peserta diberi waktu enam jam untuk menyelesaikan anyamannya.

Lailisma Sofiyati menilai, penganyam-penganyam Aceh sangat kreatif dan memiliki teknik anyaman yang tinggi. “Aceh ini memiliki kreativitas dalam bidang anyaman. Ini kekayaan budaya kita,” kata Lailisma.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved