Pemkab Latih Keterampilan Tunanetra

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Sosial setempat akan melatih belasan penyandang disabilitas tunanetra

Pemkab Latih Keterampilan Tunanetra
TUNANETRA membaca Alquran menggunakan huruf braille di gedung milik Dinas Sosial Sumut, Jalan Sampul, Medan Petisah, Kamis (1/6). 

BLANGPIDIE - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Sosial setempat akan melatih belasan penyandang disabilitas tunanetra memijat refleksi.

Pelatihan pijat refleksi ini, untuk meningkatkan kemampuan para penyandang tuna netra dan membantu ekonomi keluarga mereka, sehingga para tunanetra itu tidak lagi meminta-minta di jalanan.

Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah TA SH mengatakan rencana pelatihan pijat refleksi untuk tunanetra itu menindaklanjuti permintaan bupati Abdya yang merasa prihatin melihat kondisi kaum tunanetra kesulitan mencari rezeki.

“Alhamdulillah, sudah kita usulkan anggaran pelatihan sebanyak Rp 100 juta,” ujar Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah TA SH. Menurutnya, anggaran sebanyak Rp 100 juta itu, selain untuk pelatihan cara memijat, juga untuk membeli kasur, sewa tempat dan perlengkapan pijat lainnya. “Jadi, semua anggaran itu, kita gunakan untuk keperluan mereka,” terangnya.

Ia menyebutkan jumlah tunanetra akan dilatih itu sebanyak 12 orang yang tersebar dari sembilan kecamatan di Abdya.

“Semoga (pelatihan) ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para tunanetra untuk mendapatkan pendapatan dan membantu ekonomi keluarga melalui keahlian pijat refleksi,” pungkasnya. (c50)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help