Ribuan Siswa SMA Ikut FLS2N

Sedikitnya 2.000 orang yang terdiri atas peserta, pendamping, dan ofisial dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti

Ribuan Siswa SMA Ikut FLS2N
Para penari siswa SMA dari Banda Aceh dan Aceh Besar bersiap sebelum tampil pada pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional (FLS2N) 2018 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Senin (27/8). 

BANDA ACEH - Sedikitnya 2.000 orang yang terdiri atas peserta, pendamping, dan ofisial dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMA dan SMK Tahun 2018 di Aceh, 27 Agustus-1 September 2018.

Kompetisi seni siswa SMA terakbar di Tanah Air ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT di pelataran Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Senin (27/8).

Pembukaan event tersebut ditandai dengan pemukulan rapa-i oleh Nova Iriansyah, disaksikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad MSc PhD, sejumlah pejabat tinggi Kemendikbud RI, Ketua Panitia FLS2N Tingkat SMA yang juga Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin MPd, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman MM, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh lainnya.

Pemukulan rapa-i tersebut disambut tepuk tangan ribuan hadirin yang memenuhi pelataran stadion terbesar di Aceh itu. Potongan kertas berwarna-warni pun beterbangan di sekitar area panggung utama, makin menyemarakkan acara pembukaan itu.

Sebelumnya, ratusan peserta defile (parade) mewakili provinsinya masing-masing tampil apik dengan pakaian adat yang indah.

Dentuman Marching Band Gita Handayani mengawali aksi defile. Instrumentalia Bungong Jeumpa, Gugur Bunga, bahkan single yang sedang hits saat ini, ‘Lagi Syantik’, yang dipopulerkan Sibad alias Siti Badriah, ikut memeriahkan pembukaan defile budaya itu.

Kontingen Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan puluhan kontingen lainnya yang diakhiri oleh Provinsi Aceh, melakukan gerak jalan di hadapan para penonton, diselingi lagu daerahnya masing-masing.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, pendamping, dan ofisial dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah hadir menyemarakkan FLS2N 2018 Tingkat SMA di Banda Aceh.

Nova mengaku bangga dan bersyukur bahwa Aceh dapat menjadi tuan rumah kali ini. “Kehadiran para siswa nasional di Aceh sangat membanggakan, sehingga ruang berbagi pengetahuan dan berkompetisi akan terbuka dengan lebar,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah, lanjut Nova, Pemerintah Aceh berupaya memberikan yang terbaik untuk kesuksesan festival dan lomba seni tersebut. “Kami percaya, semua yang tampil di ajang ini pastilah siswa pilihan yang telah memenangkan berbagai penghargaan di daerahnya masing-masing. Jadi, bisa dipastikan event ini akan berjalan ketat, karena menampilkan karya dan bakat siswa yang telah terseleksi,” kata Nova.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh mewakili panitia FLS2N 2018 Aceh, Syaridin MPd mengatakan, ajang yang sudah sebelas kali digelar itu mempertandingkan 15 mata lomba. Lomba dalam bentuk pertunjukan yaitu vokal solo, gitar solo, baca puisi, tari kreasi, dan teater monolog. Sedangkan lomba dalam bentuk penciptaan meliputi desain poster, kriya, cipta puisi, dan film pendek.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad MSc PhD mengatakan, FLS2N bertujuan untuk merawat, melestarikan, dan mengembangkan seni budaya yang begitu banyak di seluruh Indonesia. “Ini menjadi kewajiban kita untuk merawatnya. Seni tradisional dilestarikan, yang modern terus dikembangkan,” kata Hamid.

Selain itu, lanjut Hamid, FLS2N juga untuk menghimpun potensi siswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk diperlombakan dan menjaring yang terbaik untuk mewakili Indonesia di tingkat internasional. “Melalui festival ini, kita merajut tali kebangsaan dan nasionalisme siswa-siswi dari 34 provinsi se-Indonesia,” pungkasnya. (fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved