Berpotensi Picu Konfrontasi, Patung Sosok Erdogan Bercat Emas di Jerman Dipindahkan

Patung tersebut sengaja disiapkan oleh seniman dalam rangka festival seni dua tahunan, Biennale Wiesbaden, yang tahun

Berpotensi Picu Konfrontasi, Patung Sosok Erdogan Bercat Emas di Jerman Dipindahkan
Patung yang menampilkan sosok Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang dipasang di Alun-alun Kota Wiesbaden, Jerman.(DEUTSCHE WELLE / DEUTSCHE PRESSE-AGENTUR) 

SERAMBINEWS.COM - Sebuah patung bercat emas yang menampilkan sosok Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dipindahkan dari alun-alun kota di Jerman.

Pemindahan tersebut, selain lantaran pemasangan patung yang tidak mendapat izin dari otoritas setempat, juga dikhawatirkan keberadaan patung bakal memicu konfrontasi antarwarga.

Melansir dari AFP, patung setinggi empat meter yang menggambarkan sosok Erdogan tengah mengangkat tangan kanannya dan menunjuk ke arah kejauhan itu diletakkan di Alun-alun Kota di Wiesbaden, pada Senin (27/8/2018).

Baca: Disepakati Aceh Harus Punya Sekolah dan Pesantren Ramah Anak

Patung tersebut dipindahkan pada Rabu (29/8/2018) dengan dibantu truk derek milik pemadam kebakaran. "Sesuai dengan kesepakatan dengan kepolisian negara, Wali Kota Sven Gerich memutuskan agar patung dipindahkan menyusul keamanan yang tidak lagi terjamin," kata kantor pemerintahan kota dalam pernyataannya di Twitter.

Patung tersebut sengaja disiapkan oleh seniman dalam rangka festival seni dua tahunan, Biennale Wiesbaden, yang tahun ini mengusung tema "kabar buruk".

Baca: 180 Ton Ikan di Danau Toba Mati, Nelayan Alami Kerugian Hingga Rp 2,7 Miliar

Patung Erdogan tersebut dipasang dengan harapan akan muncul perdebatan publik terkait sosok Erdogan dan isu politik di Ankara, yang salah satunya sempat melibatkan beberapa warga Jerman, rumah bagi minoritas Turki yang cukup besar.

 "Kami memasang patung tersebut untuk membahas Erdogan," kata Kepala Teater Kota Wiesbaden, Eric Laufenberg, kepada kantor berita Jerman DPA. "Dalam demokrasi, kami harus dapat menerima segala macam pendapat," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berpotensi Picu Konfrontasi, Patung Emas Erdogan di Jerman Dipindahkan"

Penulis : Agni Vidya Perdana

Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved