Kebun Buah Denny Jadi Lokasi Wisata

Memiliki lahan terbatas ternyata bukan menjadi kendala bagi Denny Ardiansyah Putradianto, salah satu warga

Kebun Buah Denny Jadi Lokasi Wisata
PENGUNJUNG berswafoto di lokasi tanaman buah naga di perkarangan Denny Ardiansyah Putradianto, salah satu warga di Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil. Foto direkam Senin (28/8). 

Memiliki lahan terbatas ternyata bukan menjadi kendala bagi Denny Ardiansyah Putradianto, salah satu warga di Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, untuk mengembangkan beragam tanaman buah. Pria kelahiran Banda Aceh, 27 Desember 1992, ini melakukan pola penanaman beragam tanaman, khususnya tanaman produktif yang memiliki nilai jual tinggi.

Saat Serambi berkunjung ke kediamannya, Senin (28/8) lalu, yang berada sebelah kanan jalan nasional Lipat Kajang arah Manduamas atau Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, itu ada jejeran tanaman buah yang sangat menggoda siapapun melihatnya. Bahkan kala itu ada beberapa warga mampir sekadar untuk swafoto. Lahan pekarangan milik Denny tidaklah luas, hanya sekitar 1,5 rantai atau seluas 301 meter persegi yang menjadi budidaya tanaman buah.

Namun, berkat kekreatifan Denny, berbagai jenis tanaman buah produktif yang dirintis sejak 2014 lalu tumbuh dengan sangat baik hingga membuat lingkungan ini asri. Tanaman tersebut di antaranya kelengkeng diamond, kelengkeng pingpong, jambu madu, jambu jamaica termasuk puluhan tiang pohon buah naga merah Hylocereus polyrhizus. Dikatakan, ada empat varietes tanaman yang menjadi fokusnya, yakni buah naga, lemon, klengkeng, dan jambu tongsamsi. Namun ada sejumlah variates lainnya juga dikembangkan di sana.

Pelbagai tanaman buahan ini dipadukan dengan pohon lain yang berbuah setiap bulan atau musim. Kecuali memanfaatkan penjualan buah, Denny juga menyiapkan aneka bibit tanaman buahan untuk pengunjung yang ingin menanam ke pekarangan rumahnya. Tak hanya itu, Denny juga siap memaparkan berbagai limu seputar tanaman kepada setiap pengunjung yang tiba ke lokasi taman buah miliknya. Tak pelak, perkarangan Denny bisa dikatakan sebagai “wisata edukasi’ pertanian.

Selama ini, kata Denny, buah-buahan kebanyakan dipasok dari luar Aceh Singkil atau Kota Subulussalam, padahal potensi alam di sana sebenarnya tak kalah subur dan bagus untuk pengembangan pertanian, tapi belum banyak yang menggarap. Hebatnya lagi, 80 persen tanaman milik Denny menggunakan pupuk nonkimia alias organik. Sehingga buah yang dihasilkan lebih segar dan alami.

Nah, bagi yang ingin bertmasya sekaligus mencicipi buah dari pohonnya serta mendapat ilmu pertanian, silakan berkunjung ke Taman Buah dan Edukasi milik Denny. Pria ini siap membimbing siapapun yang datang ke kediamannya yang berlokasi di Desa Kuta Tinggi, persis di persimpangan menuju Gilingan Batu PT Plita Nusa Simpang Kanan atau bisa pula menghubungi via akun facebook Denny Ardiansyah Putradianto.(lid)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help