Aceh Bangun Masjid di Lombok Utara

Pemerintah dan masyarakat Aceh akan membangun kembali Masjid Annur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga

Aceh Bangun Masjid di Lombok Utara
NOVA IRIANSYAH

* Gunakan Bantuan Pemerintah dan Masyarakat untuk Korban Gempa

BANDA ACEH - Pemerintah dan masyarakat Aceh akan membangun kembali Masjid Annur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara yang hancur total akibat gempa pada 5 Agustus 2018. Pembangunan kembali masjid berukuran 14x14 meter tersebut memanfaatkan dana kemanusiaan yang dihimpun dari jajaran pemerintahan, swasta, dan masyarakat Aceh pascabencana tersebut.

Kepastian pembangunan kembali Masjid Annur di Lombok Utara tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah dalam suratnya yang ditujukan kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 30 Agustus 2018.

Dalam surat tersebut, Gubernur Nova Iriansyah menyebutkan sehubungan bencana gempa di Provinsi NTB pihaknya telah mengirim tim asesor untuk mengkaji kebutuhan masyarakat terdampak.

Tim Aceh untuk Lombok tersebut telah melakukan asesmen secara mendalam dengan rekomendasi di antaranya pemerintah dan rakyat Aceh patut dan layak untuk membantu serta membangun kembali Masjid Annur berukuran 14x14 meter di atas pertapakan tanah seluas 400 M2. “Asesmen secara mendalam oleh tim kita merekomendasikan pemerintah dan rakyat Aceh patut dan layak membantu termasuk membangun kembali Masjid Annur yang hancur total,” kata Nova.

Masjid yang hancur total akibat gempa itu akan dibangun kembali dengan konstruksi antigempa dengan anggaran Rp 1 miliar yang bersumber dari bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh.

Terkait dengan rencana tersebut, Plt Gubernur Aceh meminta Gubernur NTB untuk memberikan kesempatan/izin kepada pemerintah dan masyarakat Aceh untuk melaksanakan pembangunan rumah ibadah tersebut.

Keputusan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk membangun kembali Masjid Annur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara juga disampaikan ketika menerima kepulangan dan mendengarkan laporan Tim Aceh untuk Lombok yang dipimpin Dr dr Safrizal di Pendopo Wakil Gubernur Aceh, 20 Agustus 2018.

Waktu itu, Nova Iriansyah didampingi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Aceh Kamaruddin Andalah, Kalak BPBA Teuku Ahmad Dadek, dan Kadis Sosial Alhudri memutuskan untuk membangun kembali masjid tersebut dengan menggunakan dana kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat Aceh.

Plt Gubernur Aceh langsung menghubungi ahli bambu lulusan S3 Jerman, dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Karena, menurut Nova, pilihan material bambu menjadi alternatif yang akan ditawarkan ke pemerintah dan masyarakat di Lombok Utara mengingat sering terjadinya gempa di provinsi tersebut.

Laporan terbaru dari Kalak BPBA, Teuku Ahmad Dadek yang ditugaskan mengoordinir bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat Aceh untuk korban gempa Lombok menyebutkan, hingga 31 Agustus 2018 jumlah bantuan sudah mencapai Rp 1.017.220.900. “Pak Plt Gubernur Aceh sudah menginstruksikan kepada kami untuk memperpanjang masa penggalangan hingga akhir September 2018,” kata Teuku Dadek. (nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved