Dispora Banda Aceh dan Kemenpora Gelar Tes Kebugaran Masyarakat

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banda Aceh bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga

Dispora Banda Aceh dan Kemenpora Gelar Tes Kebugaran Masyarakat
KADISPORA Banda Aceh, Hamdani Basyah dan pejabat Kemenpora RI foto bersama dengan peserta tes pengukuran kebugaran masyarakat di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Rabu (5/9) pagi.

BANDA ACEH - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banda Aceh bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rabu (5/9) pagi, mengadakan tes pengukuran kebugaran masyarakat Indonesia atau Sport Development Index (SDI) di Kota Banda Aceh. Tes yang diikuti 100 peserta dari berbagai elemen itu berlangsung di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh.

Bambang Pamungkas dari Bidang Pengembangan Sanggar Kemenpora RI, kemarin, menjelaskan, SDI merupakan kegiatan untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Menurutnya, tes tersebut dilaksanakan di 34 kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia dan Banda Aceh merupakan kota ke-12. “Satu kota kita ambil sampelnya 100 orang,” ujar Bambang kepada Serambi, seusai kegiatan itu.

Dikatakan, jumlah sampel atau index penelitian yang ada memang belum bisa mengukur tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara akurat. Tapi, lanjut Bambang, dengan kegiatan itu sudah bisa diukur pada level mana kebugaran masyarakat Indonesia berada.

“Penilaian terhadap hasil itu dilakukan oleh UNS. Hasilnya nanti akan kita serahkan ke Dispora setempat. Kalau hasil tes menunjukkan kebugaran masyarakat masih rendah, kita akan merekomendasi ke Dispora setempat agar program pembinaan olahraga lebih ditingkatkan, sehingga masyarakat lebih giat lagi berolahraga,” ungkap Bambang Pamungkas didampingi Matsuri dari UNS.

Sementara Kadispora Banda Aceh, Hamdani Basyah SH menyebutkan, peserta tes terdiri atas pelajar SD hingga SMA, mahasiswa, guru olahraga, serta masyarakat umum, buruh, dan karyawan. “Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI yang sudah memilih Banda Aceh sebagai salah satu kota tempat pelaksanaan tes pengukuran kebugaran masyarakat,” ungkap Hamdani kepada Serambi, seusai memantau tes tersebut.

Menurut Hamdani, kegiatan itu sangat penting dalam rangka mendukung program pemerintah yakni Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) serta menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan olahraga di Banda Aceh. “Dengan tes ini, kita harapkan warga kota makin giat berolahraga,” harap Hamdani Basyah.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved