Menko Ekuin Kwik Kian Gie: Seandainya Rupiah Tidak Merosot, Saya Malah Heran

Pernyataan Kwik Kian Gie ini ada di talkshow Indonesian Business Forum yang dipublikasikan oleh Talkshow tvOne pada 10 Mei 2018.

Menko Ekuin Kwik Kian Gie: Seandainya Rupiah Tidak Merosot, Saya Malah Heran
(KOMPAS/ALIF ICHWAN)
Pakar ekonomi senior, Kwik Kian Gie 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin) tahun 1999-2000, Kwik Kian Gie, pernah memberikan pernyataan terkait merosotnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat.

Pernyataan Kwik Kian Gie ini ada di talkshow Indonesian Business Forum yang dipublikasikan oleh Talkshow tvOne pada 10 Mei 2018.

“Seandainya rupiah itu tidak merosot saya malah heran,” ucap Kwik Kian Gie.

Mantan Menko Ekuin itu mengatakan, Rupiah akan merosot terus menerus sampai tidak ada batasnya, sampai ada pimpinan yang sangat kuat mengerti persoalan dan berani membalikkan keadaan Rupiah.

Baca: Terkait Video #2019GantiPresiden, Rambo Nagan Raya Minta Perlindungan Hukum ke Komisi I DPRA

Baca: Orang Tua asal Malaysia Beri Nama Anaknya Mirip Durian dan Rambutan, Percaya Ada Makna Khusus

Kwik Kian Gue juga memberikan perbandingan antara nilai tukar Rupiah dan nilai tukar mata uang beberapa negara tetangga Indonesia terhadap Dolar Amerika dalam 48 tahun terakhir.

Kwik Kian Gie memberikan perbandingan nilai tukar mata uang Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia terhadap Dolar Amerika dari 31 Desember 1970 sampai 10 Mei 2018.

Dalam pernyataannya, Kwik Kian Gie mengatakan bahwa dalam 48 tahun, Singapura mengalami penguatan nilai mata uang atau apresiasi sebesar 57 persen, Malaysia mengalami penurunuan nilai mata uang atau depresiasi sebesar 57 persen, Thailand mengalami depresiasi sebesar 52 persen, Filipina mengalami depresiasi sebesar 756 persen dan Indonesia mengalami depresiasi sebesar 3757 persen.

Atas dasar data tersebut Kwik Kian Gie menyimpulkan bahwa nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat akan merosot terus menerus.

Baca: Sering Mendapatkan Caci Maki, Rocky Gerung: Mulai Hari Ini Saya Bergabung dengan 2019TetapJokowi

Baca: Tanggapi Pengkritik ‘Nonmuhrim Dilarang Duduk Semeja’, FPI Aceh: Pakai Iman, jangan Pakai Nafsu

“Kalau sepajang 48 tahun seperti ini kenapa selanjutnya tidak (merosot),” ungkap Kwik Kian Gie lagi.

Kwik Kian Gie juga mengatakan merosotnya nilai tukar Rupiah ini bukan hanya masalah ekonomi saja, tapi Indoensia direkayasa oleh kekuatan asing untuk menjadi terpuruk dan bangkrut.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved