BPBA Bangun Huntara untuk Santri Ummul Ayman

Pemerintah Provinsi Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akan membangun hunian sementara (Huntara)

BPBA Bangun Huntara untuk Santri Ummul Ayman
ist
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf melalui Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Selasa (5/6) menyerahkan bantuan Huntara senilai Rp 200 juta, triplek dan bahan makanan dan sandang masa panik untuk Pondok Pesantren Nur Yaqdhah, Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan yang terbakar pada Senin (4/6/2018) dini hari. 

MEUREUDU- Pemerintah Provinsi Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akan membangun hunian sementara (Huntara) untuk Dayah Ummul Ayman 2 di Pidie Jaya. Kepastian pembangunan fasilitas untuk santri itu ditandai dengan penyerahan material oleh Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, H Kamaruddin Andalah bersama Wakil Ketua 1 DPRA, Drs H Sulaiman Abda dan diterima Tgk H Nuruzzahri (Waled Nu) atas nama pimpinan dayah, Jumat (7/9).

Dengan demikian, pascamusibah yang terjadi Jumat pekan lalu yang menghanguskan 17 bilik atau kamar santri serta delapan unit rumah warga sekitar, kini sudah dua kali kedua pejabat provinsi itu berkunjung ke Pijay. Kunjungan pertama dilakukan beberapa jam setelah musibah itu terjadi atau persisnya pada Jumat (31/8) petang. Kala itu mereka khusus membawa bantuan masa panik. Kamaruddin dan Sulaiman Abda akan berupaya keras agar huntara itu secepatnya rampung.

Kedatangan Pemprov dan wakil rakyat selepas shalat Jumat kemarin diterima Pimpinan Ummul Ayman 2 Pijay, Tgk Busyairi, beserta pengurus dayah setempat. Sebelum menyerahkan bantuan, keduanya menyempatkan diri untuk meninjau lokasi pembangunan huntara serta menemui sejumlah santri di tenda darurat. Kepada para santri, Sulaiman Abda dan Kamaruddin menyemangati santri supaya mereka terus belajar dengan tekun kendati dalam suasana darurat.

Sulaiman Abda mengingatkan kepada semua santri untuk selalu berbuat baik, taat kepada Allah, guru serta kedua orangtua.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBA Aceh, Muhammad Syahril, menjawab Serambi mengatakan, menyusul tibanya barang berupa kayu, papan dan lainnya, pihaknya mulai besok segera akan membangun huntara yang lokasinya tidak jauh dari lokasi bangunan yang terbakar atau masih dalam kompleks dayah. Huntara yang dibangun berdinding papan, beratap seng, dan lantai tanah atau semen kasar. Dibangun di dua titik atau disesuaikan dengan ketersediaan lahan.

Bangunan tersebut nantinya akan disekat untuk 17 bilik. Menyangkut dengan ukuran, lanjut Syahril, pihaknya belum bisa memastikan karena menunggu siapnya gambar. Hadir pada acara penyerahan, antara lain Camat Meurahdua Teuku Safrizal, Kabid BPBD Pijay serta sejumlah undangan. Sebagaimana diberitakan sebelummya, Dayah Ummul Ayman 2 yang terletak di Gampong Meunasah Bie lintas jalan nasional, Jumat (31/8), terbakar. Selain 17 bilik ludes menjadi debu, delapan unit rumah/tempat usaha warga sekitar juga musnah. Setelah musibah, bantuan terus mengalir, termasuk dari Pemkab Pijay.(ag)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help