Dewan Dakwah Latih 40 Imam dan Khatib Muda di Aceh

“Peserta direkrut dari remaja mesjid, pengurus badan kemakmuran mesjid, penyuluh agama, dan pengurus Dewan Dakwah di daerah,”

Dewan Dakwah Latih 40 Imam dan Khatib Muda di Aceh
ist
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh yang diwakili Kasi Pengembangan Seni Budaya Islam dan Musabaqah, Ustaz Zulfikar SAg membuka pelatihan imam se-Aceh di Aula LPTQ Banda Aceh, Sabtu (13/10/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh (DDA) bersama Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, melatih 40 imam muda sekaligus khatib se-Aceh pada 13-14 Oktober 2018 di Aula Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Aceh, Banda Aceh. 

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, yang diwakili Kasi Pengembangan Seni Budaya Islam dan Musabaqah, Ustaz Zulfikar SAg, Sabtu (13/10/2018). 

Ketua Panitia, Muhammad Muslim MA dalam laporannya mengatakan, para peserta tersebut belum mahir sebagai imam dan khatib, namun mereka sudah mampu membaca Alquran dan berbicara di depan umum.

Baca: Dewan Dakwah Abdya Larang Musik Iringi Takbir Keliling

“Peserta direkrut dari remaja mesjid, pengurus badan kemakmuran mesjid, penyuluh agama, dan pengurus Dewan Dakwah di daerah,” ujarnya. 

Sementara Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh, Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA mengatakan, para peserta merupakan kader Dewan Dakwah yang harus memiliki tiga kemahiran yakni menjadi imam, dai (mubaligh), serta menjadi khatib Jumat maupun dua hari raya.

Baca: Pemuda Dewan Dakwah Dukung Pemko Banda Aceh Tetap Laksanakan Cambuk di Masjid

“kewajiban menjadi imam dan dai untuk kemajuan Islam dan hidupnya gerakan dakwah di tengah masyarakat,” jelasnya. 

Hal senada juga diungkapkan Kasi Pengembangan Seni Budaya Islam dan Musabaqah, Ustaz Zulfikar SAg yang sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, di banyak tempat di Aceh masih saja ditemukan imam shalat yang belum fasih. “Dewan Dakwah Aceh dan Kemenag Aceh harus mampu melahirkan para imam dan khatib yang profesional dan berkualitas,” harapnya. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved