KMP Teluk Sinabang Gagal Berlayar

Pelayaran kapal motor penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang dari Meulaboh tujuan Simueulue, Jumat (12/10) terpaksa ditunda

KMP Teluk Sinabang Gagal Berlayar
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
KMP Teluk Sinabang ketika sandar di Pelabuhan Samatiga, Aceh Barat. 

* Puluhan Truk Menumpuk di Pelabuhan

MEULABOH - Pelayaran kapal motor penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang dari Meulaboh tujuan Simueulue, Jumat (12/10) terpaksa ditunda akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan Meulaboh. Kondisi ini membuat kapal bermalam di Meulaboh.

Dampak kapal gagal sandar dan tidak berlayar ke Sinabang, membuat sekitar 40 truk dan kendaraan lain menumpuk di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh di Samatiga, Aceh Barat.

Selain kendaraan, penumpang juga gagal diberangkatkan ke Sinabang. Informasi diperoleh Serambi kemarin kapal dari Sinabang tiba di Pelabuhan Samatiga Meulaboh sekira pukul 09.00 WIB. Setelah bersandar di Pelabuhan Samatiga dan menurunkan penumpang dan kendaraan, gelombang laut mulai naik.

Setelah itu kapal menyelamatkan diri ke tengah laut karena gelombang semakin tinggi menghantam dermaga. Akhirnya diputuskan kapal tidak berlayar dan terpaksa bermalam di laut teluk Suak Indrapuri, Meulaboh. Sehingga truk dan penumpang gagal diberangkatkan. Kepala ASDP Perwakilan Meulaboh Desrizal Marbeth kemarin mengatakan kapal awalnya berhasil sandar dan menurunkan semua penumpang.

“Karena faktor cuaca buruk gelombang tinggi dan alun semakin tinggi di dermaga sehingga kapal ditunda berlayar ke Sinabang,” katanya. Dikatakannya pihaknya sejak pagi sudah membuat pengumuman kepada penumpang bahwa kapal dipastikan tidak bisa berlayar karena cuaca buruk. Pihak ASDP hingga kini masih menunggu perkembangan cuaca membaik di perairan Meulaboh-Sinabang dan di dermaga.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang dan pemilik kendaraan. Kapal ditunda berlayar demi keselamatan penumpang dan kapal,” katanya. Diakuinya, ASDP selaku pengelola kapal masih akan melihat perkembangan cuaca pada Sabtu atau Minggu.

“Bila cuaca membaik kapal akan kembali berlayar. Untuk malam ini (tadi malam) ditambatkan di laut teluk Meulaboh,” sebut Kepala ASDP Perwakilan Meulaboh.

Sejumlah desa terendam
Sementara itu data diperoleh Serambi hingga kemarin banjir masih mengepung sejumlah desa di Aceh Barat akibat hujan lebat sehingga membuat warga resah. Data diperoleh banjir masih merendami Kecamatan Bubon meliputi Desa Layung, Samatiga meliputi Desa Pange, Leuken, Deah, Cot Amun, Krueng Tinggai, Mesjid Baro, Rangkileh, dan Ujong Nga.

Selanjutnya Kecamatan Meureubo meliputi Desa Pasie Aceh Tunong, Kecamatan Johan Pahlawan Pasie Lehan dan Gampa. Sejumlah desa warga mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi.

Banjir juga masih menyebabkan transportasi darat Meulaboh-Kuala Bhee terendam terutama di Ateung Teupat Kecamatan Bubon. “Tim TRC BPBD sudah dikerahkan termasuk mendirikan tenda,” kata Koordinator TRC BPBD, Kismar Turangga kepada Serambi kemarin.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help