BI Ajak Warga Beralih ke GPN

Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh mengajak masyarakat Aceh supaya beralih dari kartu ATM

BI Ajak Warga Beralih ke GPN
Zainal Arifin Lubis, Kepala BI Perwakilan Aceh

BANDA ACEH - Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh mengajak masyarakat Aceh supaya beralih dari kartu ATM lama ke kartu ATM sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Bank Indonesia juga akan mensosialisasikan peralihan kartu ATM itu melalui jalan sehat yang mengambil start dan finish di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Minggu (20/10) mendatang.

Kegiatan yang dirangkai dengan lomba mewarnai itu dilaksanakan dalam rangka pekan edukasi dan penukaran GPN. Kegiatan itu dilaksanakan atas kerja sama BI Perwakilan Aceh dan Serambi Indonesia.

Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis mengatakan, masyarakat sebagai pengguna ATM dengan logo internasional seperti Cirrus dan sebagainya, mulai saat ini diajak beralih ke ATM berlogo GPN.

Menurutnya, dengan logo internasional tersebut, saat ini terdapat sejumlah biaya transaksi/teknologi yang harus dibayarkan pelanggan atau pemegang kartu ATM. Sehingga ada dana milik pelanggan ATM Indonesia yang harus dibayarkan ke luar negeri.

“Secara nasional ini menjadi beban, karena kita membayar sejumlah dana ke luar negeri, karena provider ATM ada di luar. Dengan pengelola ATM ada di domestik, uangnya tak lagi dibawa keluar. Karena itu saya imbau masyarakat segera menukar ATM-nya,” ajak Zainal Arifin Lubis.

Sementara Ketua Panitia, M Jafar mengatakan, saat jalan sehat di Lapangan Blangpadang nanti, akan ada sejumlah bank yang membuka booth di lokasi. Karena itu, Ia mengimbau peserta jalan sehat atau masyarakat supaya membawa kartu ATM agar dapat langsung ditukarkan dengan ATM ke sistem GPN.

Ketua Panitia Jalan Sehat, M Jafar mengatakan, peserta jalan sehat bersama BI sudah dapat menukarkan baju pada Jumat (18/10) pukul 09.00-16.30 WIB dan Sabtu (19/10) pukul 09.00-14.00 WIB di Kantor Harian Serambi Indonesia, Desa Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Peserta yang dapat menukarkan kupon baju adalah mereka yang memiliki kupon atau tiket dengan nomor 1 sampai 1.000. Jafar meminta peserta dengan nomor tersebut dapat datang ke kantor Serambi Indonesia sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Sementara pada Minggu (20/10) nanti, ia meminta peserta untuk berkumpul di Lapangan Blangpadang pada pukul 07.00 WIB. Sebab, pelepasan akan dilakukan pukul 07.30 WIB.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved