Pelabuhan Ulee Lheue Butuh X-Ray

Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman atau Haji Uma, Kamis (25/10), meninjau Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

Pelabuhan Ulee Lheue Butuh X-Ray
ANGGOTA DPD RI asal Aceh, H Sudirman atau Haji Uma didampingi Kapten KMP Tanjung Burang, Ruba'i saat meninjau peralatan keselamatan di kapal tersebut di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Kamis (25/10). 

BANDA ACEH - Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman atau Haji Uma, Kamis (25/10), meninjau Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Dalam kunjungan itu senator yang membidangi transportasi ini melihat sejumlah fasilitas dan kondisi kapal pelayaran.

Dari hasil peninjuannya, Haji Uma menyampaikan bahwa pelabuhan Ulee Lheue membutuhkan fasilitas x-ray untuk memeriksa penumpang yang akan berangkat, baik dengan kapal cepat maupun kapal lambat.

Menurutnya, keberadaan x-ray itu sangat dibutuhkan untuk keamanan dan kenyamanan penumpang yang akan berangkat. Serta untuk mengantisipasi keluar masuknya benda-benda terlarang dari Sabang maupun Banda Aceh.

Haji Uma mengatakan, penggunaan x-ray juga sebagai upaya untuk mendorong agar standar di pelabuhan harus setara dengan bandara. Karena sama-sama pelayanan transportasi dan melibatkan penumpang yang ramai.

“Kita minta supaya pengelola pelabuhan segera mengadakan alat x-ray, karena kalau seperti belum memenuhi prosedur pelabuhan. Standar operasional harus seperti bandara, karena ini untuk memberantas masuk barang-barang terlarang,” ujar Haji Uma.

Selain itu, dia juga meminta supaya kapal penyeberangan menyediakan tim medis untuk menangani kondisi darurat di kapal saat berlayar. Serta harus memastikan peralatan keselamatan seperti pelampung dan sekoci berfungsi dengan baik.

Sementara Kapten KMP Tanjung Burang, Ruba’i mengatakan, meskipun tidak memiliki tim medis secara khusus di kapal. Tapi mereka menyediakan alat untuk bantuan kesehatan, mulai tabung oksigen hingga obat-obatan. Proses pertolongan akan diberikan oleh awak kapal yang sudah berpengalaman.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved