Kakanreg BKN XIII: Bohong Jika Ada yang Janji Luluskan CPNS

Kepala Kantor Regional (Kakanreg) XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banda Aceh, Makmur Ibrahim, SH MHum

Kakanreg BKN XIII: Bohong Jika Ada yang Janji Luluskan CPNS
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
Sebanyak 99 orang calon petugas haji 2018 mengikuti ujian Sistem Computer Assisted Test (CAT), ujian wawancara, dan ujian Praktik, Kamis (12/4/2018) di Asrama Haji Banda Aceh. 

TAPAKTUAN - Kepala Kantor Regional (Kakanreg) XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banda Aceh, Makmur Ibrahim, SH MHum, mengimbau masyarakat untuk tidak percaya kepada orang yang mengiming-imingi bisa meluluskan CPNS. Dia memastikan bahwa seleksi CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) itu hasilnya 100 persen murni berdasarkan kemampuan masing-masing peserta.

“Dalam tes CPNS ini tidak ada beda anak Gubernur dengan anak tukang bubur. Artinya hasil 100 persen sesuai kompetensi masing-masing peserta. Kalau ada yang menjanjikan kelulusan itu bohong. Jika mereka meminta uang laporkan ke Polisi. Saya juga sudah intruksikan kepada bupati untuk mengumumkan masalah itu, karena banyak kali korban,” kata Makmur Ibrahim saat meninjau tes CPNS sistem CAT di Aceh Selatan, Selasa (30/10).

Ia mengatakan pelaksanaan tes CPNS sistem CAT ini berlangsung transparan dan akuntabilitas. Orang tua peserta juga bisa memantau langsung hasil tes di luar ruang ujian. Sebab di lokasi tes panitia juga menyediakan TV besar yang menampilkan hasil tes tersebut. “Hari ini ikuti tes, hari ini juga nilainya berapa sudah dapat diketahui,” katanya.

Makmur yang pada saat itu turut didampingi Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM, dan Kepala BKPSDM Aceh Selatan, Hj. Hayatun S.H juga mengatakan bahwa pelaksanaan tes CPNS yang berlangsung di Aula Bappeda Aceh Selatan berjalan lancar tanpa ada kendala.

“Berjalan lancar dan bagus, tidak ada kendala. Cuma untuk sesi pertama ini masih dari Aceh Singkil. Saya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Aceh Selatan khususnya kepada Bapak Dandim Aceh Selatan yang sudah sangat membantu kita,” paparnya.

Dijelaskan Makmur Ibrahim, dari 23 kabupaten / kota di Aceh hanya lima kabupaten/kota yang tidak melakukan rekrutmen CPNS, yakni Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Bener Meriah, Aceh Barat Daya, dan Kota Subulussalam. “Kendati kabupaten/kota dimaksud tidak melakukan rekrutmen CPNS, namun masyarakatnya ada yang ikut di kabupaten tetangga, misalnya dari Abdya ada yang ikut di Aceh Selatan,” jelasnya.

Sedangkan diambil Aula Bappeda Aceh Selatan untuk seleksi CPNS untuk empat kabupaten / kota, yakni Abdya, Aceh Selatan, Subulussalam dan Singkil. “Awalnya lokasi kita (Aceh) cuma dua titik, namun setelah saya usulkan akhirnya pusat menyetujui sembilan titik. Ini semata mata untuk membantu peserta kita agar tidak jauh jauh harus ke Banda Aceh,” paparnya.

Ditanyai apakah soal - soal yang diberikan secara nasional itu akan mampu dijawab oleh peserta dari daerah, menurut Makmur kemampuan peserta dari daerah juga tidak kalah dengan kemampuan peserta dari kota, apalagi BKN telah menyediakan laman latihan resmi bagi peserta yang hendak mengikuti CPNS 2018, yakni di Situs http://cat.bkn.go.id/simulasi/. “Mengenai standar Nasional, soalnya sudah diuji coba, para peserta juga bisa latihan disitu tersebut,” pungkasnya. (tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved