Sekretaris Deputi Kemenpora Tinjau Usaha Binaan KNPI Aceh

Program ini luar biasa karena bisa mencetak pengusaha muda di berbagai bidang, kami bangga kepada KNPI Aceh yang luar biasa kiprahnya.

Sekretaris Deputi Kemenpora Tinjau Usaha Binaan KNPI Aceh
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Sekretaris Deputi Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Esa Sukmawijaya, Rabu (7/11/2018) meninjau usaha binaan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh di Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekretaris Deputi Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Esa Sukmawijaya, Rabu (7/11/2018) meninjau usaha binaan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh di Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh.

Program itu mendapat apresiasi dari Esa dan meminta KNPI untuk terus melanjutkan program-program yang berkaitan dengan life skil.

Baca: Cabuli Kakak Beradik, Guru Ngaji Ini Hadapi Ancaman Hukuman 20 Tahun Penjara

Dalam tinjauan itu, Esa didampingi Kabid Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Ihwanul Fitri dan mantan ketua DPD KNPI Aceh, Jamaluddin.

Kunjungan itu dilakukan setelah selesai acara Rakor grand design pembangunan pemuda Aceh di Kantor Dispora Aceh yang diikuti oleh Kabid Pemuda Dispora kabupaten/kota se-Aceh.

“Program ini luar biasa karena bisa mencetak pengusaha muda di berbagai bidang, kami bangga kepada KNPI Aceh yang luar biasa kiprahnya dalam urusan pemberdayaan pemuda,” katanya sebagaimana disampaikan Jamaluddin kepada Serambinews.com, Jumat (9/11/2018).

Baca: Diwarnai Kartu Merah, Timnas Indonesia Tumbang dari Singapura di Partai Pembuka Piala AFF 2018

Dalam tinjauan itu, Esa hanya melihat satu dari puluhan usaha binaan KNPI yang sudah berkembang sampai sekarang.

Esa menyatakan, Kemenpora akan mendorong program pemberdayaan pemuda seperti itu diperbanyak karena berdampak langsung pada peningkatan ekonomi pemuda.

Apalagi saat ini peluang untuk mendapat pekerjaan sangat sulit, tapi KNPI Aceh bisa mencetak pemuda yang terampil dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sementara Kadispora Aceh, Darmansyah SPd melalui Kabid Pemuda, Ihwanul Fitri mengatakan program pemberdayaan pemuda yang digagas KNPI Aceh telah membantu pemerintah dalam mengentaskan persoalan kemiskinan dan pengangguran.

Baca: Bocah 7 Tahun Ini Pilih Ular Kobra sebagai Teman Bermain, Pernah Makan dan Tidur Bersama

Dia menyatakan, tahun ini akan ada pembinaan lanjutan khusus bagi pemuda yang sudah memiliki usaha.

“Pembinaannya khusus untuk hal yang berkaitan dengan entrepreneurship (kewiraswastaan), manajemen pemasaran, permodalan, dan IT yang nantinya akan disampaikan oleh pemateri yang handal,” ungkap Ihwanul Fitri.

Mantan ketua KNPI Aceh, Jamaluddin mengajak semua pihak, tidak hanya KNPI, untuk ikut membantu pemerintah menciptakan program yang bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Aceh.

Begitu pun, Pemerintah Aceh juga diharapkan bisa lebih fokus membina pemuda-pemuda yang mandiri dan terampil bukan hanya kegiatan seremonial.

Baca: Wanita Ini Selesaikan Triathlon Paling Sulit di Dunia Sambil Pompa ASI untuk Anaknya

“Apalagi saat ini Aceh termiskin di Sumatera, maka tidak ada alasan untuk tidak fokus dalam menciptakan pemuda yang terampil. Sangat disayangkan saat Aceh bergelimpagan uang tapi kemiskinan juga bertambah,” kata Jamaluddin yang kini menjadi Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Aceh.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved