Apa Karya Sebut Malik Mahmud tak Jalankan Fungsi

Mantan menteri pertahanan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Zakaria Saman menilai Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haytar

Apa Karya Sebut Malik Mahmud tak Jalankan Fungsi
Zakaria Saman (Apa Karya). 

BANDA ACEH - Mantan menteri pertahanan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Zakaria Saman menilai Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haytar selama ini tidak menjalankan fungsinya sebagai pemersatu masyarakat sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA).

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Apa Karya di sela-sela diskusi ‘Quo Vadis Lembaga Wali Nanggroe’ di Aula Fakultas Hukum Unsyiah, Senin (10/12).

Kegiatan itu diprakarsai oleh Asean Law Students’ Association (ALSA) Unsyiah dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Unsyiah.

Pernyataan Apa Karya tersebut menjawab wartawan yang menanyakan apakah selama satu periode kepemimpinan Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe IX telah menjalankan kewenangannya sebagaimana diatur dalam UUPA?

“Mana ada!” jawab Apa Karya, spontan dan tegas.

Dalam Pasal 96 ayat (1) UUPA berbunyi, Lembaga Wali Nanggroe merupakan kepemimpinan adat sebagai pemersatu yang independen, berwibawa, dan berwenang membina dan mengawasi penyelenggaraan kehidupan lembaga-lembaga adat, adat istiadat, dan pemberian gelar/derajat dan upacara-upacara adat lainnya.

Ayat (2) berbunyi, Lembaga Wali Nanggroe sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bukan merupakan lembaga politik dan lembaga pemerintahaan di Aceh.

Ayat (3) berbunyi, Lembaga Wali Nanggroe sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh seorang Wali Nanggroe yang bersifat personal dan independen.

Aturan itulah yang dinilai oleh Apa Karya tidak dijalankan oleh Malik Mahmud.

Apa Karya mengaku kecewa dengan Malik Mahmud karena merupakan orang yang dia tunjuk untuk menjadi Wali Nanggroe IX setelah Almukarram Dr Tgk Hasan Muhammad di Tiro meninggal dunia pada 3 Juni 2010 di Banda Aceh.

Halaman
1234
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved