Plt Gubernur Aceh Dicecar Jaksa soal Aceh Marathon

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT, dicecar sejumlah pertanyaan oleh jaksa terkait kegiatan Aceh Marathon

Plt Gubernur Aceh Dicecar Jaksa soal Aceh Marathon
Muhammad Adimaja
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengikuti sidang lanjutan terkait kasus dugaan suap terkait Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 dan kasus penerimaan gratifikasi terkait pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006-2011 di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (10/12). Nova Iriansyah menjalani sidang sebagai saksi untuk terdakwa Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. 

* Irwandi Pertanyakan Kesaksian Nico

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT, dicecar sejumlah pertanyaan oleh jaksa terkait kegiatan Aceh Marathon. Tapi, Nova mengaku tidak banyak tahu tentang rencana kegiatan tersebut.

Pengakuan itu disampaikan Nova Iriansyah saat menjadi saksi dalam persidangan lanjutan dengan terdakwa Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh nonaktif, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (10/12).

Seusai memberi kesaksian dan saat akan meninggalkan ruang sidang, Nova Iriansyah menyalami Irwandi dan keduanya lalu berpose bersama.

Mengomentari kesaksian Nova, Gubernur Irwandi mengaku tidak ada yang salah dari kesaksian Nova Iriansyah.

Mengenakan kemeja warna biru dengan hiasan ornamen etnik, Nova Iriansyah mengatakan dua kali ikut rapat pembahasan rencana kegiatan Aceh Marathon. “Dari dua kali pertemuan, sekali Pak Gubernur Irwandi ikut hadir, yakni saat rapat di Kantor BPKS Jakarta,” kata Nova.

Dalam pertemuan itu, kata Nova, hadir Steffy Burase dan sejumlah kepala dinas. “Saat itu Steffy menyampaikan rencana anggaran promosi dan lain-lain, juga hal teknis lainnya,” kata Nova.

Ia juga mengaku ikut me-launching kegiatan Aceh Marathon pada acara car free day di Jakarta. Ia mengaku, Aceh Marathon sudah masuk dalam APBA 2018. Tapi Nova menyatakan tidak mengetahui persis sumber anggaran acara launching tersebut.

“Setahu saya Aceh Marathon masuk dalam program Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, dan saya diperintahkan Pak Gubernur menghadiri launching tersebut,” cerita Nova Iriansyah yang sebelumnya Wakil Gubernur Aceh.

Saat ditanya Jaksa KPK, Nova mengatakan bahwa Aceh Marathon tidak bisa dilaksanakan karena tendernya gagal. “Ketika akan dilakukan tender ulang, tidak cukup waktu lagi,” jelas Nova.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved