BREAKING NEWS Merapi Luncurkan Lava Pijar Minggu Malam, Aliran Mengalir ke Lereng Selatan

Dari rekaman CCTV malam ini, guguran itu berlangsung lumayan lama, memperlihatkan lelehan lava pijar menyusuri

BREAKING NEWS Merapi Luncurkan Lava Pijar Minggu Malam, Aliran Mengalir ke Lereng Selatan
KOLASE/SERAMBINEWS.COM
Kolase foto gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta, meletus pada Jumat (11/5/2018) pagi. 

SERAMBINEWS.COM - Guguran dan luncuran lava pijar kembali terlihat di puncak Gunung Merapi (2.930 mdpl), Minggu (16/12/2018) malam.

Guguran dan luncuran lava pijar itu terpantau terjadi pukul 19.08. Luncuran mengarah ke tenggara, dan terlihat jelas dari Dusun Balerante, Kemalang, Klaten.  

“Betul, tadi terpantau pukul 19.08,” kata Agus Sarnyata dari Posko 907. Di pekarangan rumah tokoh yang akrab dipanggil Agus Balerante  terpasang tower telekomunikasi dan CCTV BPBD Jateng.

Baca: 7 Ponsel Dengan Kamera Terbaik di Tahun 2018

 
Dari rekaman CCTV malam ini, guguran itu berlangsung lumayan lama, memperlihatkan lelehan lava pijar menyusuri bukaan kawah ke lereng selatan.

Dilihat dari jalurnya, diduga masuk hulu Kali Gendol. Jarak kemungkinan di atas 300 meter, lebih jauh dari luncuran lava pijar pertama beberapa pada 22 November 2018.

Baca: Danrem Lilawangsa Lepas Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya di Cot Gapu Bireuen

Kawasan Merapi sejak Minggu siang hingga malam terlihat cerah setelah malam hingga Minggu pagi diselimuti kabut tebal. Puncaknya terlihat dari segala arah.’’

Pak Jainu, tokoh dan warga Balerante menambahkan, situasi di lapangan masih tetap normal. Tidak ada kepanikan terkait fenomena guguran lava ini.

“Namun warga senantiasa waspada,” kata Jainu yang ketika dihubungi tengah berada di klinik. “Saya tumbang mas, badan drop,” katanya lewat telepon.(Tribunjogja.com/xna)

Baca: Sadis! Pekerja PT Mapoli Raya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah, Diduga Dieksekusi Teman Sebarak

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS - Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar ke Lereng Selatan Minggu Malam Ini

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Editor: Fatimah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved