Qanun Himne Aceh Ditetapkan

Setelah melalui proses panjang, DPRA bersama Pemerintah Aceh akhirnya menetapkan Qanun Nomor 2 Tahun 2018

Qanun Himne Aceh Ditetapkan
Abdullah Saleh

BANDA ACEH - Setelah melalui proses panjang, DPRA bersama Pemerintah Aceh akhirnya menetapkan Qanun Nomor 2 Tahun 2018 tentang Himne Aceh. Qanun yang ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, dan Sekda Aceh, Drs Dermawan MM, pada 28 November 2018 itu juga sudah diundangkan dalam Lembaran Aceh dengan nomor registrasi 8-248/2018.

“Alhamdulillah, DPRA bersama Pemerintah Aceh sudah berhasil menetapkan Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2018 tentang Himne Aceh. Dengan demikian, amanah MoU Helsinki dan UUPA, yaitu Aceh berhak memiliki bendera, lambang, dan himne sudah selesai ditetapkan dalam bentuk Qanun Aceh,” ujar Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRA, Abdullah Saleh SH, kepada Serambi di Banda Aceh kemarin.

Disebutkan, Qanun Himne Aceh berisi puji-pujian supaya muncul rasa memiliki dan kebanggaan rakyat Aceh kepada daerahnya.

Ketentuan bahwa Aceh berhak memiliki himne diatur pertama kali pada 15 Agustus 2005 di dalam Nota Kesepahaman (MoU) Damai antara Pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Pada Pasal 1.1.5 MoU Helsinki itu disebutkan bahwa Aceh memiliki hak untuk menggunakan simbol-simbol wilayah, termasuk bendera, lambang, dan himne.

Dari tiga komponen yang diatur dalam pasal tersebut, hanya himne Aceh-lah yang baru ditetapkan pada tahun ini melalui qanun. Sedangkan bendera dan lambang Aceh sudah ditetapkan secara aklamasi oleh DPRA pada 22 Juni 2013. Namun, Qanun Bendera dan Lambang Aceh tersebut belum mendapat persetujuan dari Mendagri, sehigga masih berstatus cooling-down.

Abdullah Saleh menambahkan, himne yang dilengkapi dengan doa tersebut antara lain berfungsi untuk mengiringi pengibaran bendera Aceh. “Isi lengkap Qanun Himne Aceh dapat dilihat pada Harian Serambi Indonesia edisi besok (hari ini -red) di halaman dua,” ungkap Abdullah Saleh.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved