Tak Rekam E-KTP, Data Kependudukan Diblokir

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Selatan akan melakukan pemblokiran data kependudukan

Tak Rekam E-KTP, Data Kependudukan Diblokir
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi e-KTP (KOMPAS/WISNU WIDIANTORO) 

TAPAKTUAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Selatan akan melakukan pemblokiran data kependudukan bagi masyarakat yang hingga tanggal 31 Desember 2018, belum juga melakukan perekaman data KTP elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil Aceh Selatan, H Lahmuddin SSos MM kepada Serambi, Kamis (27/12), mengatakan, pemblokiran data kependudukan itu sebagai tindaklanjut Rakornas II di Semarang, jawa Tengah, 13 September 2018 lalu. “Apabila sampai 31 Desember 2018, belum merekam, maka akan kami sisihkan datanya, akan kami blokir,” ujar H Lahmuddin.

Penegasan itu disampaikan Lahmuddin di sela-sela perekaman KTP-el bagi masyarakat di Alun-alun Jalan Teuku Ben Mahmud, Tapaktuan. “Apabila sampai dengan tanggal 31 Desember 2018 belum merekam, datanya akan dinonaktifkan,” tegasnya.

Namun begitu, jelas dia, data warga akan diaktifkan kembali apabila yang bersangkutan datang melakukan perekaman KTP-el di kantor kecamatan masing-masing. “Bagi masyarakat yang betul-betul tidak mampu melakukan perekaman di kecamatan karena sakit keras, uzur, cacat fisik, dan cacat mental, harap informasikan ke Disdukcapil dengan data Kartu Keluarga Nasional,” imbaunya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Drs Iwan Masdi menambahkan, perekaman KTP-el bagi masyarakat yang belum merekam sudah dilakukan di 18 kecamatan. “Kita sudah melakukan sistem ‘jemput bola’ perekaman KTP-el di masing-masing kecamatan, mulai dari Labuhan Haji Barat hingga Trumon Timur,” sebutnya.(tz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved