Pemkab Bireuen Terima Bantuan Sapi Presiden

Pemkab Bireuen melalui Dinas Pertanian mendapatkan bantuan sapi dari Presiden RI Joko Widodo sebanyak 95 ekor

Pemkab Bireuen Terima Bantuan Sapi Presiden
SERAMBI/ZAKI MUBARAK
SEORANG peternak sapi di Gampong Tanjong Baroh, Kecamatan Samudera, Aceh Utara memperlihatkan penggemukan sapi dengan Nutrisi Organik, seperti pakan manta dan jerami yang telah difermentasi, Rabu (9/1). Sapi yang berjumlah 41 ekor miliknya itu tergabung berbagai macam seperti, sapi bali, simental, brangus, limosin, brahman cros, dan sapi lokal Aceh. 

BIREUEN - Pemkab Bireuen melalui Dinas Pertanian mendapatkan bantuan sapi dari Presiden RI Joko Widodo sebanyak 95 ekor. Sapi tersebut untuk pengembangbiakan di daerah program pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Bireuen, Muhammad Nasir kepada Serambi Rabu (9/1) menyebutkan, sapi bantuan pemerintah pusat berjumlah 95 ekor itu, jenis brahman cros. Sapi itu sebagiannya telah disalurkan kepada tiga kelompok peternakan di tiga kecamatan sejak Minggu (6/1) lalu. “Sapi tersebut merupakan bantuan Presiden dengan tujuan pengembangbiakan di daerah, salah satunya di Bireuen sebagai salah satu penerimanya,” kata M Nasir.

Disebutkannya, 95 ekor lembu bantuan itu, sebanyak 45 ekor telah disalurkan kepada tiga kelompok peternakan, yaitu di Kecamatan Peusangan Selatan, Peusangan, dan kelompok peternakan di Simpang Mamplam.

Sedangkan 50 ekor lainnya, dikelola oleh Pemkab Bireuen yang ditempatkan di lahan peternakan milik Pemkab di Desa Ranto Panyang, Kecamatan Juli. “Seluruh sapi bantuan presiden itu akan kita kembangkan, untuk meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat,” sebutnya.

Sementara Bupati Bireuen, H Saifannur meminta kepada kelompok peternakan dan dinas pertanian yang mengelola sapi tersebut, untuk mengembangkan sapi bantuan itu dengan baik. “Sapi-sapi tersebut dijaga dengan baik, jangan sampai mati atau hilang satu persatu, tapi harus dapat menghasilkan pendapatan untuk daerah dan masyarakat,” pinta Saifannur.(c38)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved