Puluhan Hektare Kebun Dirusak Gajah

Sejak empat hari terakhir, puluhan hektare (ha) kebun di kawasan Dusun Krueng Baree, Desa Kilometer VIII

Puluhan Hektare Kebun Dirusak Gajah
IST
Warga memperlihatkan dinding rumahnya yang dirusak gajah liar kepada anggota TNI dan tim pengusir gajah di Desa Tuwi Meuleusong, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (10/1/2019). 

LHOKSUKON – Sejak empat hari terakhir, puluhan hektare (ha) kebun di kawasan Dusun Krueng Baree, Desa Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara dirusak belasan ekor gajah.

Hingga Sabtu (12/1) kemarin, belasan ekor binatang berbelalai tersebut masih berada di kawasan itu. Selain merusak kebun warga, gajah juga merusak sebuah rumah singgah milik pekerja.

Warga Simpang Keuramat, Syafaruddin kepada Serambi menyebutkan, ia mengetahui informasi keberadaan kawanan gajah dari petani lain yang memiliki kebun di kawasan Krueng Baree. “Guna memastikannya saya datang ke kebun. Ternyata benar, ada sekitar 500 batang pisang saya yang dirusak kawanan hewan itu,” ujar Syafaruddin.

Keuchik Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keuramat, Mahyeddin Abubakar kepada Serambi menyebutkan, kawanan gajah yang diperkirakan 25 ekor itu mulai masuk ke kawasan tersebut pada Selasa (8/1) sore. “Saya sudah melaporkan kejadiannya kepada Bupati Aceh Utara dan ke muspika setempat,” ujar Nyakdin--sapaan akrab Mahyeddin--.

Disebutkan, rata-rata kebun yang dirusak kawanan Poe Meurah berisi kelapa sawit, tanaman palawija, dan juga sebuah rumah singgah. “Informasi sementara kebun yang dirusak milik lima warga dan milik perusahaan,” ujar Mahyeddin.

Dari sekitar 25 ekor gajah yang sedang berada di kawasan itu, yang sering masuk ke kebun warga atau berkeliaran ada beberapa ekor. Warga berharap kepada Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Aceh Utara segera menanganinya.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved