Speedboat Karam di Singkil

Cuaca buruk melanda wilayah Aceh Singkil pada Senin (21/1), mengakibatkan speedboat kayu pembawa

Speedboat Karam di Singkil
IST
Penumpang speedboat yang karam di muara Kuala Baru, Aceh Singkil, dievakuasi ke pendopo camat Kuala Baru 

* Bawa Rombongan Zikir
* Ekses Cuaca Buruk

SINGKIL - Cuaca buruk melanda wilayah Aceh Singkil pada Senin (21/1), mengakibatkan speedboat kayu pembawa rombongan zikir tujuan Pulau Banyak karam di muara Kuala Baru, Kecamatan Kuala Baru. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam musibah itu karena semua penumpang selamat dan telah dievakuasi ke kantor camat setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi, kemarin, speedboat tersebut berlayar di tengah cuaca ekstrem yang melanda Aceh Singkil dengan guyuran hujan deras disertai angin kencang yang membuat ombak berkecamuk di lautan. Saat itu, speedboat kayu tersebut hendak berangkat menuju Pulau Banyak dengan membawa rombongan zikir berjumlah sebelas orang. Sesampainya di muara, nakhoda sempat berhenti karena melihat cuaca buruk di laut. Nakhoda memprediksi, tidak mungkin berlayar dalam cuaca buruk seperti itu sehingga dia memutuskan membawa speedboat kembali masuk sungai. Naas, saat memutar haluan untuk kembali ke sungai, ombak besar pun datang menghantam sehingga speedboat kandas dan karam. “Alhamdulillah, penumpang selamat semua,” kata Ahmad Yani, nakhoda speedboat melalui sambungan telepon kepada Serambi, kemarin.

Informasi lain menyebutkan, dari sebelas penumpang speedboat yang karam itu, satu di antaranya adalah Pimpinan Dayah Manyang Krueng Baru, Lembah Sabil, Kabupaten Abdya, Tgk Permadi. Ia direncanakan akan mengikuti kegiatan zikir di Pulau Banyak. “Salah satu penumbangnya Tgk Permadi, Pimpinan Dayah Manyang. Alhamdulillah, Beliau dan rombongan selamat,” ungkap Kadisparpora Aceh Singkil, Faisal yang mengaku telah menghubungi pimpinan dayah tersebut.

Sementara itu, akibat cuaca buruk yang melanda, rombongan Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid yang juga diagendakan akan mengikuti kegiatan zikir di Pulau Banyak, tidak bisa berangkat. “Rombongan Pak Bupati tidak bisa berangkat, cuaca buruk,” papar Edi Hartono, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh Singkil.(de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved