Gampong akan Dilibatkan Tangani Sampah

Penanganan sampah di Bireuen akan melibatkan pemerintahan gampong/desa dengan mengalokasikan bantuan dana desa

Gampong akan Dilibatkan Tangani Sampah
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
Tumpukan sampah di ruas jalan ke pasar induk Cureh, Kota Juang Bireuen, Jumat (25/1) siang. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS 

BIREUEN - Penanganan sampah di Bireuen akan melibatkan pemerintahan gampong/desa dengan mengalokasikan bantuan dana desa, pengadaan bak sampah maupun petugas kebersihan nantinya. Keterlibatkan pemerintahan gampong akan disinergikan dengan peran dinas terkait untuk lebih maksimal dan sampah tidak berserakan dimana-mana.

Hal itu disampaikan Bupati Bireuen, H Saifannur SSos yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar SSTP MSi kepada Serambi, Jumat (25/1) kemarin. Disebutkan, akhir-akhir ini di pinggir jalan terutama di ruas jalan elak Geudong-Geudong-Cot Girek, Peusangan, sering dijadikan lokasi pembuangan sampah dalam kantong plastik.

Selain itu, ada beberapa tempat lainnya dan belum ada bak sampah juga menjadi tempat pembuangan sampah. Dampaknya, selain sampah berserakan dimana-mana, juga memungkinan muncul beragam penyakit dan lingkungan kurang baik secara kasat mata.

Bob Miswar menambahkan, langkah melibatkan perangkat gampong untuk penanganan sampah dengan sasaran utama desa-desa yang berdekatan dengan pusat kota dan kawasan yang memang memerlukan keterlibatan pemerintahan gampong. Pemerintahan gampong bisa mengalokasikan anggaran dana desa untuk pengadaan bak sampah yang memadai, pengadaan sepeda motor tiga roda jenis viar dan melibatkan petugas pengutip sampah dari desa.

Sampah-sampah yang dikumpulkan petugas desa nantinya ditempatkan dalam bak sampah dan dijemput kendaraan dari dinas terkait untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebagaimana biasanya. “Pemerintahan gampong dibenarkan mengalokasikan bantuan desa untuk program kebersihan lingkungan, sehingga lingkungan bersih dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa,” ujarnya.

Menjawab Serambi, kapan program tersebut digulirkan, Bob Miswar mengatakan, sejak sekarang sudah dianjurkan dan dalam waktu dekat akan ada edaran dari bupati menyangkut mekanisme penanganan sampah yang melibatkan pemerintahan gampong.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved