Seminar Pendidikan di Aceh Besar, Rektor IIU Malaysia Tekankan Pentingnya Akhlak dan Keberkahan

Seminar ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan generasi Aceh Besar yang memiliki akhlak, berpendidikan, dan melek teknologi (digital)

Seminar Pendidikan di Aceh Besar, Rektor IIU Malaysia Tekankan Pentingnya Akhlak dan Keberkahan
FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor Internasional Islamic University (IIU) College Selangor Malaysia, Prof. Dato' Dr. Abdul Halim Bin Tamuri, mengisi seminar internasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar, di Aula SMK Al Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (6/2/2019). 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Rektor Internasional Islamic University (IIU) College Selangor Malaysia, Prof. Dato' Dr. Abdul Halim Bin Tamuri, menekankan tentang peran penting akhlak dan keberkahan dalam proses pendidikan.

Hal itu disampaikan Dato’ Dr Abdul Halim saat mengisi seminar internasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar, di Aula SMK Al Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (6/2/2019).

Seminar ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan generasi Aceh Besar yang memiliki akhlak, berpendidikan, dan melek teknologi (digital).

Baca: Dikenal Penentang Islam, Politisi Belanda Ini Umumkan Dirinya Jadi Mualaf, Begini Reaksi Keluarganya

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Besar, Fata Muhammad, dalam pernyataan tertulis kepada Serambinews.com, mengatakan, Prof Dr Dato Abdul Halim Bin Tamuri berada di Aceh dalam rangka mengisi kegiatan di UIN Ar-Raniry.

Oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar, Dr Silahuddin MPd, pakar pendidikan dari negeri jiran ini diajak untuk membagikan informasi, ilmu, serta pengalamannya kepada para pendidik dan masyarakat Aceh Besar yang sedang mengikuti seminar internasional bertema pendidikan.

Di hadapan ratusan pendidik di Aceh Besar, Dato' Abdul Halim menyampaikan materi tentang pentingnya guru menanamkan akhlak.

Baca: VIDEO - Menjaring Ikan Segar Melalui Tradisi Tarek Pukat Nelayan di Aceh Barat

Karena saat ini sebagian besar pendidikan bagi anak-anak, telah diambil alih oleh sekolah.

Karenanya, guru harus menjadi icon, model, suri tauladan bagi generasi didik dan masyarakat.

"Guru jangan melihat jasa mendidik dari sisi materialisme gaji semata-mata, karena, rizki Allah berikan dari banyak cara. Bisa dalam bentuk badan yang sehat, anak yang shaleh, dan kenderaan yang baik. Jadi carilah rizki dengan cara halal, sehingga dekat dengan Allah dan mendapat berkah dalam menuntut dan memberikan ilmu," ungkap Dato' Abdul Halim.

Baca: Asam Lambung Naik Tiba-tiba? Coba 5 Bahan Alami Ini Untuk Meredakan Sakit Lambung

Rektor Internasional Islamic University (IIU) College Selangor Malaysia, Prof. Dato' Dr. Abdul Halim Bin Tamuri (tiga dari kanan), mengisi seminar internasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar, di Aula SMK Al Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (6/2/2019).
Rektor Internasional Islamic University (IIU) College Selangor Malaysia, Prof. Dato' Dr. Abdul Halim Bin Tamuri (tiga dari kanan), mengisi seminar internasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar, di Aula SMK Al Mubarkeya, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (6/2/2019). (FOR SERAMBINEWS.COM)

Rektor IUU Selangor ini menekankan, agar selalu berdoa memohon petunjuk Allah dalam setiap kegiatan, serta mempebanyak sedekah.

Dengan cara ini, kata Prof Abdul Halim, seorang guru dapat menjadi pendidik yang sehat rohani, jasmani, berintekektual, dan dapat mengendalikan emosi dalam menurunkan ilmu kepada anak didik.

Prof Abdul Halim mengingatkan para pendidik agar menjadikan model Rasulullah sebagai teknik dalam mengajar, yaitu dengan pendekatan kasih sayang (Psikologi Of Love).

Baca: Puluhan Rumah Transmigrasi Terbengkalai di Aceh Jaya, Sebagian Sudah Dijual

Di akhir sesi seminar, Rektor UII Selangor menyampaikan bahwa Malaysia juga menghadapi persoalan yang sama dalam hal pesatnya informasi yang beredar melalui media sosial.

Setelah mengisi seminar di SMK Al Mubarkeya, Dato' Abdul Halim bersama istri berkesempatan menikmati kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh SMPN Lhoknga Aceh Besar.(*)

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved