Ucapan 'Terima Kasih Aceh' Jelang Peletakan Batu Pertama Masjid Nurul Hasanah di Kota Palu

Tokoh-tokoh masyarakat setempat termasuk pengurus masjid menyepakati nama masjid ini nanti menjadi Nurul Hasanah Aceh

Ucapan 'Terima Kasih Aceh' Jelang Peletakan Batu Pertama Masjid Nurul Hasanah di Kota Palu
SERAMBINEWS.COM/NASIR NURDIN
IBU-ibu jamaah pengajian Masjid Nurul Hasanah, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu mempersiapkan peralatan kenduri acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hasanah di kelurahan tersebut yang dijadwalkan oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Rabu (13/2/2019). 

Laporan Nasir Nurdin | Palu

SERAMBINEWS.COM, PALU - Masjid Jami’ Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang rusak akibat gempa 28 September 2018 segera dimulai pembangunannya dengan donasi pemerintah dan masyarakat Aceh.

Peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan kembali masjid berukuran 20x20 meter itu akan dilakukan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, Rabu (13/2/2019).

“Terima kasih Aceh. Semoga masjid ini bisa lebih memperkuat persaudaraan antara Aceh-Palu,” kata ibu-ibu jamaah pengajian Masjid Jamik Nurul Hasanah, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, kepada Serambinews.com, Senin (11/2/2019) di sela-sela membantu berbagai persiapan untuk acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hasanah.

Baca: Donasi Aceh untuk Palu Telah Capai Rp 3,1 Miliar, Setujui Masukan dan Saran Supaya Dibangun Masjid

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, HT Ahmad Dadek yang memimpin tim persiapan untuk peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hasanah mengatakan, masjid yang akan dibangun itu sepenuhnya menggunakan dana yang dihimpun dari jajaran pemerintah dan masyarakat Aceh yang nilainya mencapai Rp 3,3 miliar.

“Insya Allah berbagai persiapan baik teknis maupun administrasi sudah rampung. Artinya, peletakan batu pertama yang akan dilakukan Pak Plt Gubernur Aceh pada hari Rabu (13/1/2019) menjadi awal pelaksanaan pembangunan fisik rumah ibadah tersebut,” kata Dadek sambil menegaskan bahwa semua dana yang dikumpulkan melalui penggalangan ‘Donasi Aceh untuk Palu’ akan digunakan seluruhnya untuk pembangunan kembali Masjid Nurul Hasanah.

Menurut Dadek, Detail Engineering Desain (DED) Masjid Nurul Hasanah sudah dipresentasikan kepada masyarakat setempat beberapa hari lalu termasuk RAB yang mencapai Rp 3,3 miliar yang merupakan bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh.

Baca: DED Masjid Aceh di Palu Dipresentasikan

“Tokoh-tokoh masyarakat setempat termasuk pengurus masjid menyepakati nama masjid ini nanti menjadi Nurul Hasanah Aceh,” lapor Dadek didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin yang terlibat dalam penggalangan ‘Donasi Aceh untuk Palu’.

Masjid Jamik Nurul Hasanah di Kota Palu merupakan masjid kedua yang dibangun oleh pemerintah dan masyarakat Aceh di lokasi bencana setelah yang pertama, yaitu Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kini dalam proses pelaksanaan.

“Saat ini kita juga sedang fokus penggalangan bantuan kemanusiaan untuk korban tsunami Selat Sunda,” demikian Dadek yang juga didampingi Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani.(*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved