ARBI Aceh Dukung Prabowo Lepaskan HGU untuk Eks Kombatan GAM

Di sisi lain, Helmy juga mengapresiasi pernyataan Prabowo yang bersedia melepaskan HGU lahan tersebut apabila negara membutuhkan

ARBI Aceh Dukung Prabowo Lepaskan HGU untuk Eks Kombatan GAM
Dok. Istimewa
PT Tusam Hustani Lestari (THL) memperoleh Hak Pengusahaan Hutan Tanaman Industri (HPHTI) di beberapa kabupaten di wilayah tengah Aceh selama 43 tahun, atau sampai dengan tahun 2042. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Ketua Arus Baru Indonesia Provinsi Aceh,  Helmy N Hakim mengucapkan terima kasih kepada calon presiden nomor urut 01, Jokowi karena telah mengungkapkan kepemilikan lahan HGU sebesar 120 ribu hektare (ha) yang dikuasai capres nomor urut 02 Prabowo di Aceh Tengah dalam debat capres, Minggu (17/2/2019).

Tapi jumlah yang sebenarnya bukan 120.000 ha sebagaimana disebutkan Jokowi, tapi seluas 93.000 ha.

Baca: YARA Surati Prabowo Subianto, Minta Lahan HGU di Aceh Dibagikan kepada Korban Konflik

"Pengungkapan fakta ini dapat menjadi penyadaran bagi rakyat Aceh secara umum," kata Helmy N Hakim yang juga politisi PDIP Aceh kepada Serambinews.com, Selasa (19/2/2019).

Di sisi lain, Helmy juga mengapresiasi pernyataan Prabowo yang bersedia melepaskan HGU lahan tersebut apabila negara membutuhkan.

"Ini berarti pemerintah pusat dapat segera memenuhi salah satu poin perjanjian MoU Helsinki yang mencantumkan pemberian tanah seluas 2 hektar pada eks kombatan GAM untuk lahan penghidupan dan juga pada masyarakat Aceh Tengah sendiri,”  ungkapnya.

Baca: Soal Lahan Prabowo di Kaltim dan Aceh, Wapres Kalla: Tak Menyalahi Aturan, Saya yang Beri Izin

Dalam kesempatan itu, Helmy menghimbau tim sukses Prabowo untuk tidak lagi memunculkan polemik baru dalam isu lahan HGU yang dikuasai Prabowo dengan mencatut nama eks GAM seakan-akan sudah menikmati tanah Prabowo.

“Sekarang saatnya adalah pembuktian dari kerelaan Prabowo menyerahkan tanah HGU di Aceh Tengah untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved