Cut Humaizah Terima Sertifikat Hak Cipta Pucok Rebung Bambu Runcing dari Kemenkumham

Ketua Dekranas Kota Langsa, Nurhanifah Yatim, Jumat (1/3/2019) menyerahkan Sertifikat Hak Cipta Seni Pocuk Reubong Bambu Runcing dari Kemenkumham.

Cut Humaizah Terima Sertifikat Hak Cipta Pucok Rebung Bambu Runcing dari Kemenkumham
For Serambinews.com
Ketua Dekranas Kota Langsa, Nurhanifah Yatim, saat menyerahkan Sertifikat Hak Cipta Seni Pocuk Reubong Bambu Runcing dari Kemenkumham, kepada Cut Humaizah, di rumahnya, Jumat (1/3/2019). 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Langsa, Nurhanifah Yatim, Jumat (1/3/2019) menyerahkan Sertifikat Hak Cipta Seni Pocuk Reubong Bambu Runcing dari Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia, kepada Cut Humaizah (73).

Sertifikat hak cipta ditandatangi oleh Dirjen Kekayaan Intektual, Dr Freddy Harris SH LLM.

Senimotif Pucok Rebung Bambu Runcing milik Cut Humaizah, warga Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, mulai dipopulerkan sejak tanggal 2 Februari 2016 lalu.

Sertifikat hak cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia diterbitkan 0bertujuan melindungan hak cipta seseorang agar tidak diklaim oleh pihak-pihak lain, karena seni motif ini hanya milik perseorangan.

Pemilik Pocuk Reubong Bambu Runcing, Cut Humaizah, mengatakan, motif Pucok Rebung sebenarnya di seluruh Aceh sudah ada.

Baca: Batik Tulis dan Printing Motif Aceh Lebih Dikenal di Luar

Namun Pocuk Reubong ini ada motif Bambu Runcing, dan kini merupakan karya besar bagi Kota Langsa.

Dijelaskannya, ada keunikan tersendiri pada Pucok Rebung Bambu Runcing ini yaitu adanya awan berarak, bugong sikawet, bungong teratai yang dipadu dengan warna merah melambangkan berani, hijau melambangkan keagamaan.

"Lalu untuk warna kuning melambangkan warna kerajaan, sedangkan warna dasar hitam yang melambangkan kerakyatan," sebutnya.

Baca: Bungong Meurak Jadi Motif Batik

Menurutnya, usahanya tersebut kini mempekerjakan 12 orang dengan menghasilkan berbagai jenis pakaian seperti baju lekaki maupun wanita, sal, kain, selendang, jilbab, dan juga celana.

Halaman
12
Penulis: Zubir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved