Batik Tulis dan Printing Motif Aceh Lebih Dikenal di Luar

Para perajin batik tulis dan printing (cetak/cap) motif Aceh menyatakan, produk tersebut pasarnya lebih banyak ke luar Aceh, seperti ke Jakarta, Jawa,

Batik Tulis dan Printing Motif Aceh Lebih Dikenal di Luar
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Kadis Perindag Aceh, M Raudhi, sedang berbicara dengan perajin batik motif Aceh, Hikmah Maulida, Kamis (13/2/2019) di Desa Miruk, Kec Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. 

Para perajin batik tulis dan printing (cetak/cap) motif Aceh menyatakan, produk tersebut pasarnya lebih banyak ke luar Aceh, seperti ke Jakarta, Jawa, NTB dan daerah lainnya.

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Para perajin batik tulis dan printing (cetak/cap) motif Aceh menyatakan, produk tersebut pasarnya lebih banyak ke luar Aceh, seperti ke Jakarta, Jawa, NTB dan daerah lainnya.

“Permintaan batik motif Aceh, di Aceh baru pada kalagan pejabat menengah ke atas, sementara kalangan masyarakat menengah ke bawah belum begitu mencintai produk lokalnya, padahal harganya tidak terlalu mahal,” ujar Perajin Batik Motif Aceh Desa Miruk, Kecamatan Krueng Barona, Jaya, Aceh Besar, Hikmah Maulida kepada Kadis Perindag Aceh, Muhammad Raudhi, yang berkunjung ke tempat pembuatan batik tulis dan perinting motif Aceh di Desa Miruk, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Selasa (13/2/2019).

Harga kain batik printing atau cetak motif Aceh, sebut Hikma Maulida, untuk satu baju lengan panjang orang dewasa Rp 130.000 – Rp 150.000.

Perajin batik di Aceh, jarang menjual batiknya yang sudah di jahit menjadi baju, karena takut nanti dikatakan pembelinya, harga batik motif Aceh mahal.

Baca: VIDEO - Sayur Segar Hingga Kerajinan Aceh Mulai di Pasarkan ke India

Baca: Dekranas Nilai Gampong Ie Meulee, Kota Sabang Sebagai Desa Kerajinan Bordir

Baca: Kerajinan Enceng Gondok Binaan UIN Dipamer di Malang

Baca: Dekranas Aceh Besar Juara Produk Kerajinan Inovatif

Alasannya, ongkos jahit baju tangan panjang untuk pria dewasanya di Aceh mencapai Rp 150.000/baju, ditambah harga kain batik motif Aceh Rp 130.000–Rp 150.000/lembar.

Total harga baju batik Aceh yang sudah jadi baju menjadi Rp 280.000–Rp 300.000/lembar.

Sementara baju batik printing dari pulau Jawa yang di jual di Aceh harganya hanya Rp 75.000 – Rp 150.000/lembar.

Harga batik dari pulau Jawa murah, kata Hikmah maulida, karena di pulau Jawa batiknya diproduksi menggunakan mesin.

Halaman
12
Penulis: Herianto
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved