Pimpinan Komite I DPD RI Apresiasi Kenaikan Gaji Kepala Desa Setara PNS Golongan II A

Wakil Ketua Komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, MIP mengapresiasi kebijakan Pemerintah Pusat yang resmi menaikkan gaji kepala desa sampai 120 persen,

Pimpinan Komite I DPD RI Apresiasi Kenaikan Gaji Kepala Desa Setara PNS Golongan II A
For Serambinews.com
Senator asal Aceh, H Fachrul Razi MIP bersama Mendagri Cahyo Kumolo. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Ketua Komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, MIP yang juga Ketua Timja DPD RI Pengawasan Dana Desa mengapresiasi kebijakan Pemerintah Pusat yang resmi menaikkan gaji kepala desa sampai 120 persen atau setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IIA.

Jumlah gaji diterima sebanyak Rp 2.426.640 per bulan. 

“DPD RI akan terus mengawal dana desa dan terus mendesak pemerintah untuk menaikkan gaji kepala desa termasuk penambangan dana desa. DPD RI juga akan terus memperjuangkan dana ketua pemuda di desa agar mendapat gaji yang layak,” ungkap Senator DPD RI asal Aceh ini, Jumat (8/3/2019).

Sebelumnya, realisasi kenaikan gaji perangkat desa juga lebih besar dari yang direncanakan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dari Menteri Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Putro, dan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo beberapa waktu lalu.

Selama ini, Senator yang vokal ini selalu meminta kepada Pemerintah agar gaji kepala desa diberikan yang layak.

Baca: Senator H. Fachrul Razi, MIP dan Abi Muslim At-Thahiri Sepakat Perjuangkan Alquran Diatas Konstitusi

“Kita terus memperjuangkan dana APBN terus mengalir ke desa desa seluruh Indonesia, jangan hanya dinikmati di kota dan provinsi yang dekat dengan kekuasaan,” tegasnya.

Senator muda DPD RI Ini memberikan appresiasi dengan kenaikan gaji kepala desa itu seperti yang tertuang dalam Pasal 81 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

Dengan kenaikan gaji, Pemerintah berharap kesejahteraan perangkat desa meningkat.

"Penghasilan tetap diberikan kepada kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD)," kata Fachrul mengutip Pasal 81 ayat (1) dalam PP 11/2019.

Baca: Fachrul Razi Bakar Semangat Kader Partai Aceh di Muara Dua

Terkait hal tersebut senator Fachrul Razi mengapresiasi kebijakan Pemerintah Pusat terkait kenaikan gaji kepala desa setara PNS Gol. II A.

Halaman
123
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved