Pilih Pemimpin yang Adil

Gampong Kuta Trieng, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya menjadi lautan manusia dalam acara tablig akbar

Pilih Pemimpin yang Adil
SERAMBI/SA'DUL BAHRI
USTAZ Abdul Somad menyampaikan tausiah pada acara tabligh akbar di lapangan depan Masjid Desa Kuta Trieng, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Jumat (8/3) malam. 

* Pesan UAS dalam Tausiah di Nagan Raya

SUKA MAKMUE – Gampong Kuta Trieng, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya menjadi lautan manusia dalam acara tablig akbar yang dihadiri dai kondang asal Pekanbaru, Riau, Ustaz Abdul Somad (UAS), Jumat (8/3) malam. Dalam tausiahnya di hadapan ribuan masyarakat, UAS memberikan pandangan kepada masyarakat tentang berpolitik secara cerdas pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Dia mengimbau, jangan karena pesta demokrasi lima tahunan itu, silaturahmi antarsesama terputus. Kecuali itu, ustaz jebolan Universitas Al-Azhar Mesir tersebut juga mengajak para jamaah untuk memilih pemimpin yang adil. “Pilihlah pemimpin yang adil, kalau ada caleg yang ngasih uang ambil uangnya, tapi jangan pilih orangnya. Tetapi uangnya beli semen untuk pembangunan masjid, jangan kita makan,” ujarnya sambil disertai gelak tawa dari jamaah yang hadir.

Diterangkannya, bahwa penyogok dan penerima sogokan tempatnya kelak di neraka. Sehingga, dia mengharapkan, masyarakat di Aceh jangan mau menerima sogokan, apa lagi uang sogok tersebut sampai diberikan kepada anak dan istri, sebab uang sogokan itu adalah haram.

Di sisi lain, UAS juga menekankan pentingnya penguatan aqidah kepada masyarakat. Oleh sebab itu, dia meminta kepada jamaah untuk tidak berobat kepada dukun. Pasalnya, sebagian dukun berteman dengan jin dan meminta bantuan jin, padahal hal itu diharamkan dalam Islam. “Jangan berobat ke dukun karena sebagian dukun berteman dan meminta bantuan dari jin. Maka, berobatlah ke rumah sakit saja,” tukas UAS.

Pantauan Serambi, suasana lokasi tausiah UAS di Kuta Trieng tumpah ruah manusia. Pasalnya, usai Magrib, ribuan warga menyemut mendatangi lokasi tausiah, sehingga menyebabkan lintas Jalan Nasioal Meulaboh-Tapaktuan terjadi kemacetan. Lapangan untuk tablig akbar yang luasnya hampir dua hektare tersebut dibagi dalam dua lingkaran untuk memisahkan para wanita dan laki-laki.

Tablig akbar yang berjalan dengan tertib dan aman itu turut dihadiri Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham, Kapolres AKBP Giyarto, Kajari Nagan Raya Sri Kuncoro, para ulama, dan ribuan warga dari berbagai pelosok daerah itu.

Sementara itu, Tim Reaksi Cepat Penggalangan Dana untuk Palestina di Aceh Barat bersama panitia lokal berhasil mengalang dana sebesar Rp 17 juta untuk disumbangkan ke negeri yang sedang ‘berperang’ dengan Israel tersebut. Pengalangan dana dilakukan di sela-sela tablig akbar Ustaz Abdul Somad (UAS) di Dayah Serambi Aceh, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Jumat (8/3) sore.

UAS dalam kesempatan tersebut turut memberikan sumbangan untuk Palestina. Selain itu, ribuan orang yang memadati lokasi dayah itu juga ikut menyumbang. “Dana yang berhasil terkumpul Rp 17 juta lebih,” sebut Aduwina didampingi Giyanto, panitia lokal kedatangan UAS ke Aceh Barat. Menurut Aduwina, dana yang terkumpul itu selanjutnya akan disumbangkan kepada umat Islam di Palestina sehingga dapat sedikit meringankan beban mereka.

Ribuan warga di Aceh Selatan, Sabtu (9/3), tampak menyesaki kawasan Masjid Baiturrahim, Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara dalam rangka menghadiri tabliq akbar yang menghadirkan penceramah kondang, Ustaz Abdul Somad Lc MA (UAS). Turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan, Tgk Amran, Kapolres AKBP Dedy Sadsono ST, Sekda Nasjuddin SH MM, Ketua MPU Abu Armia Ahmad, dan Wabup Abdya, Muslizar MT.

Pada acara yang dimulai pukul 09.35 WIB itu, UAS mengupas tentang perempuan di 15 menit pertama, disusul 15 menit kedua tentang pentingnya menjaga kehormatan, dan selanjutnya imbauan menjauhi narkoba. Sedangkan, 15 menit terakhir UAS mengupas tentang memilih pemimpin yang baik dan amanah.

Saat menyampaikan tentang memilih pemimpin yang baik dan amanah, UAS menyinggung tentang money politik yang merusak tatanan demokrasi saat ini. “Pilihlah pemimpin yang baik dan amanah. Abdul Somad bukan orang politik, Abdul Somad bukan orang partai, jangan golput, jangan sebarkan hoaks, jangan ambil uangnya, setuju?,” ucap Ucap ustaz jebolan Maroko tersebut. “Kalau ada yang nyumbang uang seratus ribu, ibu ambil?” tanya UAS kepada jamaah perempuan. “Ambil uangnya jangan coblos orangnya, setuju!” tukas UAS yang diamini para jemaah. Namun UAS kembali melanjutkan, “Ambil uangnya serahkan ke Masjid,”.

Pantauan Serambi, UAS dan rombongan tiba di lokasi pukul 09.30 WIB, dan langsung menyampaikan tausiah di depan ribuan jamaah yang memadati ruas jalan dan halaman Masjid Baiturrahim Kotafajar. Usai tausiah, rombongan UAS selanjutnya menuju ke Ponpes Darurrahmah untuk bersilaturahmi dengan Pimpinan Ponpes Abon Tgk H Hasbi Nyakdiwa beserta para santri.

Setiba di Ponpes Darurrahmah, UAS langsung dipeusijuek oleh Abon. Di pesantren itu, UAS sempat memberikan tausiah beberapa menit di hadapan santriwan dan santriwati. Setelah itu UAS melanjutkan perjalanan ke Subulussalam untuk mengisi tausiah, ba’da Ashar. (c45/riz/tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved