Hasil Pemilu Bisa Dilihat Secara Online, Ini Aplikasinya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuat aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019.

Hasil Pemilu Bisa Dilihat Secara Online, Ini Aplikasinya
WARTA KOTA
Sosialisasi Aplikasi Situng 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuat aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019.

Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa langsung melihat hasil perhitungan suara pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia sebelum diumumkan secara resmi.

“Kalau masyarakat mau lihat siapa pemenang di dapil, presiden yang unggul, bisa dilihat di aplikasi itu. Walaupun (hasilnya) itu tidak menjadi patokan, karena KPU atau KIP tetap menggunakan rekap manual,” kata komisioner KIP Aceh, Munawar Syah kepada Serambinews.com, Kamis (14/3/2019).

Untuk mengoptimalkan cara penggunaannya, KIP Aceh telah melatih coordinator dan operator Situng dari setiap KIP kabupaten/kota.

Baca: Suara Sementara Situng KPU Sudah 91 Persen

Baca: Ini Data Situng KPU

Baca: Partai Aceh persoalkan Situng

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Grand Arabia, Banda Aceh, Selasa (12/3/2019) lalu menghadirkan dua pemateri dari Biro Teknis KPU RI, yaitu Zulimansyah dan Febrianda Mukhlis.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KIP Aceh ini menjelaskan aplikasi Situng akan memberikan transparansi dalam proses perhitungan suara pada Pemilu.

Aplikasi ini, lanjut dia, akan digunakan oleh KPU/KIP kabupaten kota se Indonesia dalam rangka melakukan entry data dan pindai C1 di setiap TPS.

Selain itu, rekapitulasi data di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau disebut dengan DA1 juga dilakukan scaning.

“Jadi semua hasil pengut hitung, hasil rekap semuanya bisa terekam di aplikasi Situng. Sehingga masyarakat dapat mengakses hasil perhitungan suara di semua TPS,” ujarnya. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved