UIN Prioritaskan Calon Mahasiswa dari Wilayah 3T

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh memprioritaskan calon mahasiswa baru dari wilayah terluar

UIN Prioritaskan Calon Mahasiswa dari Wilayah 3T
Serambi Indonesia
PEMIMPIN Umum Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar, menerima naskah kerja sama dari Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Warul Walidin AK MA (kanan) setelah ditandatangani bersama di Kantor Serambi Indonesia, Desa Meunasah Manyang Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (14/3). 

* Teken Kerja Sama dengan Serambi

BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh memprioritaskan calon mahasiswa baru dari wilayah terluar, terdalam (terisolir), dan tertinggal (3T) di Aceh yang ingin melanjutkan pendidikannya ke kampus tersebut. Dari 5.106 calon mahasiswa yang diterima tahun ini, sekitar 15 persen disediakan untuk calon mahasiswa dari wilayah 3T.

“Calon mahasiswa yang berada di wilayah 3T akan jadi pusat perhatian kita,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Warul Walidin AK MA saat berkunjung ke Kantor Harian Serambi Indonesia di Banda Aceh dalam rangka menjalin kerja sama dengan media ini, Kamis (14/3).

Kunjungan yang juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Tgk Gunawan Adnan MA PhD, serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr Saifullah MAg ini diterima oleh Pemimpin Umum Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar, Pemimpin Perusahaan Mohd Din, Sekretaris Redaksi, Bukhari M Ali, dan Manajer Iklan, Hari Teguh Patria.

Menurut Warul Walidin, pihaknya memberikan perhatian khusus kepada calon mahasiswa dari wilayah 3T agar semua mendapat porsi dan akses yang sama dalam melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. “Insyaallah nanti mahasiswa UIN dapat menjadi sebuah lembaga pendidikan untuk semua, tanpa membedakan ras, jenis kelamin, termasuk wilayah mereka,” ujarnya.

Rektor menambahkan bahwa UIN Ar-Raniry tahun ini menerima calon mahasiswa baru melalui lima jalur, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri yang disebut juga dengan PMB Lokal.

Melalui jalur PMB Lokal ini, pihaknya memiliki kewenangan untuk menentukan calon mahasiswa dari wilayah 3T dengan porsi sekitar 15 persen dari total mahasiswa yang diterima tahun ini.

“Saya kira ini hal yang sangat menguntungkan secara lokal. Kita beri apresiasi dan akses yang mudah kepada mereka karena kondisi prasarana dan sarana pendidikan di wilayah 3T memang kurang dan kadang kala siswanya tak bisa bersaing dan bersanding dengan siswa dari daerah lain,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Gunawan Adnan mengatakan, kemudahan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru dari wilayah 3T adalah perbedaan grade nilai dengan calon mahasiswa dari wilayah lain.

“Misalnya, calon mahasiswa dari wilayah lain nilainya 100, maka untuk mereka cukup 60 saja. Grade nilainya kita bedakan karena kalau tidak dibedakan maka tidak mungkin terjaring siswa-siswa dari daerah 3T,” katanya.

Ia tambahkan saat ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki 17 jurusan untuk ilmu sains, di antaranya Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP).

Dalam kesempatan itu, UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga menjalin kerja sama dengan Harian Serambi Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Warul Walidin dan Pemimpim Umum Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar di Kantor Serambi Indonesia, Kamis (14/3).

Program-program kerja sama yang akan direalisasi, di antaranya, peningkatan kualitas pendidikan dan kegiatan ilmiah, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta penerapan hasil-hasilnya, pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan tenaga ahli, dan program magang mahasiswa UIN di berbagai suku usaha Serambi Indonesia Group. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved