Calon Petugas Haji Dilatih Selesaikan Kasus yang Terjadi Selama di Tanah Suci

Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi sesuai SOP yang ditetapkan pemerintah dalam melayani jamaah haji selama berada di Arab Saudi

Calon Petugas Haji Dilatih Selesaikan Kasus yang Terjadi Selama di Tanah Suci
religionnews
Foto Ilustrasi: Suasana jamaah haji di Mekkah, Arab Saudi 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 55 calon petugas haji yang terdiri atas 11 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 11 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 33 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dilatih untuk menyelesaikan berbagai bentuk penyelesaian kasus yang terjadi selama pelaksanaan ibadah haji, maupun sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Pelatihan tersebut diberikan dalam Pembekalan Terintegrasi Petugas, yang berlangsung di Asrama Haji Embarkasi Aceh, mulai 18 Maret hingga 27 Maret 2019.

Baca: Pelaku Penganiayaan Siswa SUPM Ladong Hingga Tewas Telah Diserahkan ke Jaksa

Penitia Pelaksana, H Azhar Abdullah MA dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Sabtu (23/3/2019) menyampaikan tidak hanya dibekali dengan berbagai aturan di Indonesia maupun di Arab Saudi, calon petugas haji juga dibekali berbagai bentuk penyelesaian kasus yang terjadi selama pelaksanaan ibadah haji, maupun sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Materi-materi ini sengaja kami padukan dengan diskusi dan simulasi, sehingga peserta memahami dengan baik semua pelayanan dan penyelesaian kasus yang terjadi nantinya," kata Azhar Abdullah.

Baca: Pemerintah Resmi Tetapkan Biaya Haji 2019, Berikut Rincian Biaya Embarkasi Aceh Hingga Makassar

Ia menjelaskan para petugas dituntut untuk siap dan memiliki komitmen untuk melaksanakan tugasnya sebagai pelayan tamu Allah, sehingga dalam penyajian materi juga disisipi berbagai kegiatan sebagai penguatan kedisiplinan dan komitmen.

"Seperti diberikan telur untuk dijaga selama pelatihan agar tidak pecah," sebutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi sesuai SOP yang ditetapkan pemerintah dalam melayani jamaah haji selama berada di Arab Saudi. (*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved