Kampanye Hari Pertama Nihil

Masa kampanye atau rapat umum terbuka telah dimulai sejak Minggu (24/3) kemarin hingga 13 April 2019

Kampanye Hari Pertama Nihil
FOR SERAMBINEWS.COM
Panggung kampanye di lapangan sepakbola Pulo Kiton, Kota Juang Bireuen, Maret 2019 

* Panggung Kampanye di Bireuen dan Lhokseumawe Kosong

BANDA ACEH - Masa kampanye atau rapat umum terbuka telah dimulai sejak Minggu (24/3) kemarin hingga 13 April 2019 atau tiga hari menjelang pencoblosan. Dengan demikian, sejak kemarin penyelenggara pemilu sudah membolehkan peserta Pemilu menggelar kampanye dan memasang iklan di media massa (cetak dan elektronik).

Tetapi sepertinya, pada hari pertama kemarin, Minggu (24/3), hampir tidak ada kegiatan kampanye yang dilakukan oleh partai politik (parpo) para peserta Pemilu di Aceh. “Informasi yang kita terima dari daerah-daerah, semuanya nihil, tidak ada kegiatan kampanye yang dilakukan oleh partai politik,” ungkap Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Marini.

“Banda Aceh tidak ada, Aceh Besar tidak ada, juga demikian di Lhokseumawe, Nagan Raya, Bener Meriah, Pidie Jaya, Pidie, dan Simeulue. Hampir semua kabupaten/kota tidak ada parpol yang melakukan kampanye,” tambahnya.

Menguatkan pernyataan Marini tersebut, Komisioner Panwaslih Kota Lhokseumawe, Muzakir ST MT, secara terpisah mengatakan bahwa tidak ada parpol yang melakukan kampanye pada hari Minggu kemarin. “Sesuai laporan seluruh Panwascam ke kami, memang dihari pertama tidak ada parpol yang menggelar kampanye terbuka,” kata Muzakir.

Padahal sebagaimana diutarakan komisioner lainnya, Mukhtar Yusuf, sesuai jadwal yang dikeluarkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe, seharusnya pada Minggu kemarin ada sembilan parpol yang akan melakukan kampanye terbuka.

Kesembilan parpol tersebut adalah Gerindra (Lapangan Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Komplek Buket Bintang, Kecamatan Muara Dua), Partai Berkarya (Lapangan Meunasah Blang Kandang, Kecamatan Muara Dua), PKS (Lapangan Gajah Hagu Barat Laut, Kecamatan Banda Sakti), PAN (Lapangan PBI Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu).

Lalu, Demokrat (Lapangan Kisaran Hagu Tengoh, Kecamatan Banda Sakti). PA (Lapangan Alue Lim, Kecamatan Blang Mangat), SIRA (Lapangan Bulog Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat), serta PDA (Lapangan Simpang IV Rancong, Kecamatan Muara Satu).

Demikian juga di Kabupaten Bireuen. Pada hari pertama kemarin, dijadwalkan ada enam parpol dan tim calon presiden 02 yang akan berkampanye. Keenam parpol itu adalah Partai Gerindra (lapangan Pulo Kiton), Garuda (lapangan Blang Kubu, Peusangan Siblah Krueng), Berkarya (lapangan Raja Taloe, Krueng Panjoe), PKS (lapangan bolakaki Samalanga), PAN (lapangan bola kaki Jeunieb), dan tim capres 02 di lapangan Blang Asan, Peusangan, Bireuen.

“Hingga siang kemarin, panggung dan lapangan kampanye kosong. Kita belum menerima pemberitahuan akan ada kampanye. Pemberitahuan paling lambat satu hari sebelum kegiatan,” kata Komisioner KIP Bireuen, Amiruddin SE.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved