Kecam Sikap Represif Polisi Terhadap Peserta Demo, Mahasiswa Langsa Gelar Aksi Solidaritas

Mahasiswa menggelar aksi solidaritas untuk mengecam sikap represif polisi terhadap mahasiswa yang berdemo di Kantor Gubernur Aceh berapa hari lalu.

Kecam Sikap Represif Polisi Terhadap Peserta Demo, Mahasiswa Langsa Gelar Aksi Solidaritas
Serambinews.com
Mahasiswa saat menggelar aksi di Simpang Tugu pusat Kota Langsa, Jumat (12/4/2019) 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Seratusan lebih mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Langsa, Jumat (12/4/2019) sore menggelar aksi solidaritas untuk mengecam sikap represif polisi terhadap mahasiswa yang berdemo di Kantor Gubernur Aceh berapa hari lalu. 

Aksi mahasiswa ini gabungan dari kampus Universitas Samudra (Unsam), IAIN Langsa, HMI Cabang Langsa, dan sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang kini sedang melaksanakan KPM di Langsa

Sekitar pukul 14.00 WIB mahasiswa berkumpul di Lapangan Merdeka Langsa. Sekitar 30 menit kemudian mereka pun berjalan kaki dikawal sejumlah aparat Polres Langsa menuju Mapolres setempat.

Sebelum tiba ke Mapolres Langsa, mahasiswa menyampaikan orasinya di Simpang Tugu, Gampong Blang, Kecamatan Langsa Kota, antara Jalan Protokol dan Jalan Medan - Banda Aceh.

Berikut 5 poin pernyataan sikap mahasiswa.

1.Mengecam aksi represif pihak Kepolisian terhadap mahasiswa.

2.Menuntut netralitas aparat kepolisian, sekaligus sebagai pengawal masyarakat.

3.Meminta Polres Langsa mendesak Polda Aceh memeriksa pegawai honorer yang menghina dan melecehkan Mahasiswa dalam demo di Kantor Gubernur Aceh.

4.Menuntut Kapolres Langsa agar menandatangani surat perjanjian bersama mahasiswa Langsa agar kejadian represif yang terjadi pada mahasiswa Aceh tidak terulang di Aceh khususnya di Kota Langsa.

5.Menuntut Kapolres Langsa agar mengingatkan aparat kepolisian khususnya di Kota Langsa agar tidak membela ataupun membentengi pejabat ataupun segelintir oknum dengan kepentingan apapun, karena polisi pelayan masyarakat.(*)

Baca: VIDEO - Demo Penolakan PT EMM di Banda Aceh Ricuh, Tembakan Gas Air Mata Bubarkan Massa

Baca: Demo Mahasiswa Tolak Izin PT EMM Ricuh, FPI Aceh: Plt Gubernur jangan Lari dari Tanggung Jawab

Baca: DPRA Kecam Tindakan Polisi Saat Amankan Demo

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved