BPJS Kesehatan Bayar Klaim Rp 198 Miliar

BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh pada April ini sudah membayar utang klaim jatuh tempo dan dana kapitasi kepada sejumlah rumah sakit

BPJS Kesehatan Bayar  Klaim Rp 198 Miliar
id.wikipedia
Logo BPJS Kesehatan 

BANDA ACEH - BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh pada April ini sudah membayar utang klaim jatuh tempo dan dana kapitasi kepada sejumlah rumah sakit maupun pusat pelayanan kesehatan dengan nilai Rp 198,8 miliar.

Saat ini terdapat sekitar 87 unit pelayanan kesehatan di bawah BPJS Kesehatan Banda Aceh, yang terdiri atas 155 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan 32 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL).

Pelayanan kesehatan itu berada di lima kabupaten/kota yaitu Banda Aceh, Aabang, Aceh besar, Pidie, dan Pidie Jaya. Saat ini di bawah BPJS Banda Aceh, Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) menjadi pelayanan kesehatan yang paling besar dibayarkan klaim, rata-rata setiap bulan mencapai Rp 30 miliar.

Pejabat Peganti Sementara (Pps) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, TM Afandy, belum lama ini menyampaikan, tanggal 15 merupakan waktu pembayaran kapitasi bagi FKTP. Sehingga mereka sudah melakukan pembayaran pada tanggal 15 April lalu.

Menurutnya, selama ini sistem pembayaran yang dilakukan BPJS yaitu lembaga yang paling duluan mengajukan maka lembaga itu akan paling pertama diproses, dengan syarat semua berkas sudah lengkap.

Dikatakan, selama ini kendala pembayaran dana BPJS Kesehatan ada dua, yaitu tidak lengkapnya berkas administrasi yang merupakan syarat wajib bagi lembaga pelayanan kesehatan untuk mengklaim pembayaran.

Kendala kedua biasanya kas BPJS sedang kosong sehingga belum bisa melakukan pembayaran. Namuan jika dalam waktu 15 hari setelah pengajuan berkas BPJS tidak melakukan pembayaran maka mereka akan didenda satu persen dari jumlah pembayaran.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved