78 CJH Abdya Rekam Data Biometrik di Banda Aceh, Termasuk 121 CJH dari Aceh Selatan

“Perekaman data biometrik harus dipenuhi para jamaah saat akan menunaikan ibadah haji,”

78 CJH Abdya Rekam Data Biometrik di Banda Aceh, Termasuk 121 CJH dari Aceh Selatan
ANADOLU AGENCY/MUSTAFA CIFTCI
Jamaah Haji melaksanakan Tawaf, Kamis (9/8/2018). Rangkaian ibadah haji tahun ini akan berlangsung pada 19-24 Agustus. 

78 CJH Abdya Rekam Data Biometrik di Banda Aceh, Termasuk 121 CJH dari Aceh Selatan

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya  

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengharuskan setiap jamaah yang melaksanakan ibadah haji untuk melakukan perekaman data biometrik.

Rekaman data dimaksud menjadi persyaratan  untuk pembuatan visa.

Memenuhi ketentuan itu, sebanyak 72 CJH (calon jamaah haji) dan 6 orang calon jamaah yang masih menunggu kepastian pelunasan BPIH dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Baca: Kodim Nagan Temukan Ladang Ganja Siap Panen di Kawasan Tadu Raya

Dijadwalkan, Selasa (23/4/2019), melakukan perekaman data biometrik di Kantor VFS Tasheel, yang beralamat di  lantai 3 Pasar Atjeh, Banda Aceh.

 “Perekaman data biometrik harus dipenuhi para jamaah saat akan menunaikan ibadah haji,” kata Kepala Kankemenag Kabupaten Abdya, Dr H Iqbal Muhammad SAg MAg melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Muhammad Yatim MA dihubungi Serambinews.com, Senin (22/4/2019).

Dijelaskan bahwa ketentuan peremakan data biometrik bagi setiap jamaah dikatakan sudah ditetapkan dalam peraturan  Pemerintah Kerajaan Arab Saudi,  karena sebagai syarat untuk pembuatan visa.

Perekaman data diikuti 78 orang dari Abdya, dirincikan sebanyak 72 orang merupakan CJH yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap I.

Baca: Filipina Diguncang Gempa 6,3, Gedung Setinggi 181 Meter Bergoyang, Bangunan Runtuh, Warga Berlarian

Sedangkan 6 orang lainnya merupakan calon jamaah dari usulan penggabungan suami istri dan usulan penggabungan anak dan orantua.

“Enam orang tersebut sudah kita usulkan pengabungan suami dan istri serta anak dan orang tua. Saat ini sedang menunggu apakah bisa disetujui atau tidak,” kata M Yatim.

Bila disetujui, tambahnya, maka calon jamaah dari usulan penggabungan itu akan melunasi BPIH tahap II sejak 30 April sampai 10 Mei mendatang. 

Baca: Massa dari Gunong Reubo Blokir Jalan PT Mifa, Aktifitas Pengangkutan Batu Bara Terhenti

Menurut keterangan, perekaman data biomterik, selain dari 78 CJH dari Kabupaten Abdya, juga 121 CJH dari Kabupaten Aceh Selatan sehingga berjumlah 199 orang. Perekaman diharapkan selesai satu hari.  

Seperti diberitakan, 72 CJH Kabupaten Abdya, seluruhnya sudah melunasi BPIH sebelum berakhir jadwal pada 15 April lalu pada bank penerima setoran. 

CJH Abdya yang sudah ada kepastian  berangkat tahun 2019/1440 H ini terdiri dari 28 laki-laki dan 44 perempuan. Sedangkan JCH tahun 2018 lalu berjumlah 85 orang.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved