Serambi Kuliner

Sayur Asam Sunti Kesegaran dari Masakan

SAYUR asam sunti merupakan sayuran khas Aceh yang mengandalkan bahan baku asam sunti

Sayur Asam Sunti Kesegaran dari Masakan

MASAKAN lezat yang telah diramu dengan berbagai bahan bak sebuah lukisan yang indah dipandang. Ini seakan menjadi tantangan ketika kita memasukan beragam bumbu ke dalam masakan yang dibuat. Salah satu pengaruh rasa pada masakan Aceh yakni asam sunti. Pencampuran belimbing wuluh yang dikeringkan dan telah diolah tersebut memberikan kenikmatan tiada banding pada kuliner asal Tanah Rencong tersebut. Salah satunya yakni sayur asam sunti. Meski belum begitu tenar, para pencicip makanan ini bisa ketagihan begitu mencoba. Pada Serambi Kuliner edisi Sabtu ini, Azwani Awi ingin berbagi resep masakan sayur asam sunti, sebagai penambah wawasan penyuka kuliner.

SAYUR asam sunti merupakan sayuran khas Aceh yang mengandalkan bahan baku asam sunti. Rasanya sangat lezat dan bergizi. Harumnya, menggugah selera. Bila divariasikan dengan menu yang tersaji, makanan ini bisa menjadi menu favorit keluarga.

Untuk membuat sayur asam sunti, tak perlu rumit mencari bahan. Sebab, seluruh bahan dan bumbu yang yang digunakan sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Jadi, siapapun yang hendak mencoba memasak kuliner ini, tak bakal kerepotan mencari bahan-bahannya.

Cara memasaknya pun mudah dipraktikkan oleh semua orang. Tapi, bukan berarti pembuatannya bisa gampangan. Butuh kecermatan membuat masakan dan proses peracikan bumbunya, supaya hasilnya enak dan lezat.

Tapi, bagi Anda yang tak sempat memasak sendiri, jangan khawatir. Sayur asam sunti ini hampir bisa ditemui di berbagai daerah di Aceh. Berbagai rumah makan kerap menyajikan menu masakan tersebut.

Rasa asam yang dihasilkan dari masakan ini juga aman dan sehat dikonsumsi semua orang. Dari anak kecil sampai orang dewasa bisa menikmati kelezatannya.

Beberapa pelancong ke Aceh sempat mengira sayur asam sunti merupakan sayur lodeh. Sebab, bentuknya hampir menyerupai. Tapi, sayur asam sunti berbeda dengan sayur lodeh. Meski rasanya asam, kesegaran sayur ini tak perlu diragukan lagi.

Bedanya, sayur asam sunti juga mengandalkan buah nangka sebagai salah satu bahan bakunya. Penggunaan buah nangka ini lantaran rasa manisnya digemari penikmat kuliner. Selain itu, juga disukai karena memberikan banyak manfaat.

Tak hanya itu, beberapa literatur kesehatan melansir, mengonsumsi buah ini bisa menyehatkan perut dan usus. Selain itu, buah dimaksud juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap kanker.

Tak hanya itu, buah ini juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah serta membantu penglihatan karena mengandung vitamin A. Lebih jauh lagi, buah nangka dianggap sebagai pembangkit energi karena kandungan gula sederhana, seperti fruktosa dan sukrosa. Dengan kata lain, memakan buah ini, bisa menjadikan setiap penikmatnya merasa direvitalisasi seketika.

Bagi Anda penikmat kuliner, jangan ragu untuk mencoba kenikmatan sayur asam sunti ini. Apalagi, jika Anda bermaksud untuk memberikan variasi menu terbaik untuk keluarga. Dan, bersiaplah untuk lebih sering membuat sayur ini. Karena, sekali mencicipi, dijamin keluarga Anda bakal ketagihan dan minta lagi.(*)

RESEP
Bahan
200 gram nangka muda, dipotong-potong
4 lonjor kacang panjang, dipotong-potong
1 ikat (200 gram) daun ubi jalar, dipetiki
15 gram daun melinjo, dipotong-potong
1200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
7 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
3 buah cabai hijau besar, dipotong serong 1/2 cm, dibuang biji
3 buah cabai rawit merah, diiris serong
7 buah asam sunti
2 buah belimbing sayur, dibelah dua memanjang

Cara Pengolahan
1. Rebus santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, garam, dan gula pasir, sampai mendidih.
2. Masukkan nangka muda.
3. Masak sampai matang.
4. Tambahkan kacang panjang, daun ubi jalar, daun melinjo, cabai hijau besar, cabai rawit merah, asam sunti, dan belimbing sayur.
5. Masak sampai matang.
6. Sayur asam sunti siap dinikmati.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved