Breaking News:

1.986 Orang Lulus SBMPTN di Unsyiah

Sebanyak 1.986 Orang lulusan SMA/MA/SMK dari berbagai daerah lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui jalur tes tulis

BANDA ACEH - Sebanyak 1.986 Orang lulusan SMA/MA/SMK dari berbagai daerah lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui jalur tes tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2014. Jumlah itu hanya 4,5 persen dari total pelamar ke Unsyiah melalui jalur tersebut.

“Peserta yang terdaftar di panitia lokal Unsyiah untuk jalur SBMPTN tahun ini mencapai 14.620 orang, namun total pendaftar yang memilih Unsyiah dari semua daerah adalah 44.456 orang,” ujar Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana kepada Serambi, kemarin.

Menurutnya, persaingan paling ketat untuk lulus di program Saintek terjadi pada Program Studi (Prodi) Farmasi, di mana setiap kursi diperebutkan oleh 114 peserta. Sementara untuk kelompok Sosial Humaniora (Soshum), lanjut Ilham, persaingan paling ketat terjadi pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di mana setiap kursi diperebutkan oleh 40 peserta.

“Secara umum, lima prodi pada jalur Saintek yang memiliki keketatan persaingan tertinggi berturut-turut adalah Farmasi, Informatika, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Dokter, dan Teknik Pertambangan. Sementara di jalur Soshum, lima prodi dengan keketatan persaingan tertinggi berturut-turut adalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris, Psikologi, dan Manajemen,” rincinya.

Tapi, tambah Ilham, jumlah peminat terbanyak berada pada Prodi Manajemn, yaitu sebanyak 2.932 pemilih, diikuti Informatika, Pendidikan Dokter, Akuntansi, dan Ilmu Hukum.

Dari sisi hasil ujian, katanya lagi, nilai rata-rata tertinggi untuk jalur Saintek dimiliki peserta yang diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), diikuti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Sementara Unsyiah berada pada peringkat 34 dari 63 Perguruan Tinggi Negeri yang mengikuti SBMPTN. Sementara untuk jalur Soshum, lima PTN dengan nilai rata-rata tertinggi adalah ITB, UI, UGM, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya. Sementara untuk kategori ini, Unsyiah berada di peringkat ke 33.

Jalur SBMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru menggunakan ujian tulis dan ujian ketrampilan langsung pada tanggal 17-19 Juni 2014. Sebelumnya, pada 27 Mei lalu, sebanyak 2.081 orang lulusan SMA/MA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia dinyatakan lulus seleksi ke Unsyiah melalui jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2014.

Skema penerimaan lainnya adalah jalur Mandiri yang dilakukan Unsyiah bersama beberapa Universitas lainnya di Indonesia. Jalur yang sering disebut Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT)

ini merupakan jalur terakhir masuk Unsyiah. Ujian tulis jalur ini akan berlangsung pada 3 Agustus 2014. “Melalui jalur ini, Unsyiah akan menerima 20 persen dari total mahasiswa baru tahun 2014,” jelas Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana.(jal)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Tags
Unsyiah
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved