Breaking News:

Serambi Spiritual

Puasa, Waktunya Usus Istirahat

"Ada banyak lemak yang tersimpan di balik kulit, perut, hati, itu cadangan yang digunakan ketika kita berpuasa,"

Penulis: Eddy Fitriadi | Editor: Eddy Fitriadi
Shutterstock
Patung anatomi yang memperlihatkan organ dalam tubuh manusia. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Aceh, dr Fachrul Jamal SpAn KIC mengatakan, puasa tak hanya memberikan manfaat secara rohani, namun juga menyehatkan seorang muslim secara jasmani. 

"Puasa itu menyehatkan. Pada dasarnya, usus masih akan bekerja selama 6-8 jam setelah kita makan. Artinya, kita memberikan waktu kepada usus untuk beristirat," ujarnya dalam program Serambi Spiritual, Kamis (2/6/2015).

Sebab menurut dr Fachrul, 'istirahat usus' sangat diperlukan tubuh setelah lama bekerja. "Bayangkan saja usus bekerja tanpa henti karena kita selalu makan. Di waktu istirahat inilah pencernaan kita akan diperbaiki dengan sendirinya," jelas dokter yang bekerja di  RSUZA ini.

Dia mengatakan, tubuh manusia memiliki cadangan lemak yang tersimpan di balik kulit, lemak tersebut akan digunakan tubuh ketika kita berpuasa. "Ada banyak lemak yang tersimpan di balik kulit, perut, hati, itu cadangan yang digunakan ketika kita berpuasa," imbuhnya.

Selain itu, seorang penelepon dalam program ini bertanya, "Dokter, amankah puasa bagi ibu hamil?"

Dr Fachrul Jamal SpAn KIC menjelaskan, puasa tidak akan memberikan efek buruk terhadap ibu hamil pada umumnya. "Bagi ibu hamil yang sehat, puasa tidak akan jadi masalah. Namun, di awal usia kandungan, ibu hamil sering mual dan muntah, tapi Ibu bisa merasakan bagaimana sebaiknya," ujar dia.

Dalam program Serambi Spiritual edisi Kamis (2/7/2015), tim mengangkat tema "Puasa dan Kesehatan." Hadir di studio SerambiFM, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Aceh, dr Facrul Jamal SpAn KIC.

Program bedah masalah agama ini dihadirkan selama Ramadhan dari Senin-Jumat pada pukul 10.00-11.00 WIB, dengan narasumber yang berbeda dan dipandu host Nico Firza. Program interaktif ini merupakan kerjasama antara SerambiFM dan KWPSI, dan didukung oleh Bank Aceh Syariah.

Dr Fachrul Jamal mengungkapkan satu fakta unik tentang berpuasa. "Percaya tidak percaya, masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, mencret, seringnya terjadi di luar bulan Ramadhan," tandasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved