Jokowi Berlebaran di Aceh

Jamaah di Masjid Raya Baiturrahman Dorong-dorongan Berebut Masuk

Masyarakat yang datang untuk shalat terjebak dalam saling dorong-dorongan ingin berebut masuk...

Jamaah di Masjid Raya Baiturrahman Dorong-dorongan Berebut Masuk
SERAMBI/ANHSARI HASYIM
Suasana di masjid Raya Baiturrahman tadi pagi. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH-Proses pemeriksaan jamaah di pintu masuk oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres) menyulut kegaduhan di antara para jamaah Shalat Idul Fitri 1436 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (17/7/2015).

Masyarakat yang datang untuk shalat terjebak dalam saling dorong-dorongan ingin berebut masuk setelah mendengar panitia masjid mewanti-wanti agar jamaah segera berdiri menyusun shaf pertanda shalat dimulai. 

Saat pengumuman itu terdengar warga masih mengantre untuk menjalani pemeriksaan oleh Paspampres. Di saat itulah, dorong-dorongan terjadi. Beberapa wanita berteriak karena terhimpit, dan lainnya berupaya menerobos jalur pemeriksaan. Kegaduhan di depan pos pemeriksaan ini membuat Paspampres bereaksi.

Seorang Paspampres menaiki tembok pagar dan meminta warga antre dengan tertib. Tapi imbauan petugas itu disoraki ramai-ramai warga. "Shalat sudah dimulai, untuk apalagi periksa-periksa. Buka...buka...pintunya!," teriak seorang jamaah. Namun Paspampres tetap menjalan tugasnya memeriksa jamaah di pintu masuk meski shalat sudah dimulai. Karena sudah terdesak waktu, akhirnya Paspanpres memindahan pintu pemeriksaan yang dilengkapi metal detektor, dan baru jamaah dapat masuk. 

Tapi sayangnya, banyak jamaah sudah terlambat karena shalat sudah dimulai satu rakaat. Beberapa di antara jamaah memilih tidak shalat, dan lainnya terpaksa membuat shaf sendiri di halaman rumput, dan bawah menara yang terpisah dari jamaah masjid lainnya. 

Tags
jokowi
Penulis: Muslim Arsani
Editor: Eddy Fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved