Advertorial

Pasar Modern Abdya Jadi Magnet Perdagangan

KABUPATEN Aceh Barat Daya lahir pada 10 April 2002. Terobosan-terobosan strategis tak henti

Pasar Modern Abdya Jadi Magnet Perdagangan
Maket Pasar Modern Kabupaten Abdya 

KABUPATEN Aceh Barat Daya lahir pada 10 April 2002. Terobosan-terobosan strategis tak henti dilakukan pemerintah kabupaten untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di 152 gampong yang tersebar dalam sembilan kecamatan.

Blangpidie sebagai ibukota kabupaten sejak dulu dikenal sebagai kota dagang. Bahkan sebelum berpisah dengan Aceh Selatan sebagai kabupaten induk, Blangpidie telah diminati para toke untuk berniaga. Gerak ekonomi masyarakat bergulir hingga menyentuh beberapa kabupaten tetangga.

Kini, pusat kota Blangpidie kian terasa sesak. Semakin sukar untuk ditata secara patut. Karena itu, wilayah perkotaan dan sekitarnya menjadi penting untuk dikelola dan dikembangkan. Setelah dikaji dengan sungguh-sungguh para ahli yang kompeten, Bupati Jufri Hasanuddin memutuskan untuk membangun pasar modern yang memadai di Aceh Barat Daya, yang peletakan batu pertamanya dilakukan di Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie pada 14 Maret 2016 .

Berbagai tahapan dan proses pembangunan pasar modern telah dilakukan. Penyusunan dokumen Amdal, studi kelayakan, perencanaan teknis sampai pembebasan tanah di pasar modern itu nanti akan tersedia pasar basah, pasar kering, gudang, juga sarana dan prasarana lainnya. Seperti jalan, kantor pengelola, musala, instalasi pengolah limbah, taman, pos jaga, tempat parkir dan berbagai bangunan penunjang lainnya. Bangunan ini nantinya dapat menampung lebih kurang 300 pedagang. Mulai dari pedagang sayuran, ikan, ayam, daging, buah sampai rempah-rempah.

Untuk pelaksanaan pembangunan Pasar Modern tersebut Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya mulai tahun anggaran 2016 menganggarkan Rp 60 miliar, dengan menggunakan dana Otsus dari kebutuhan total biaya yang diperkirakan mencapai Rp 175 miliar.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved