Fitur GIF di Stories Instagram, Kini Tersedia Lagi

Keputusan penggunaan kembali konten GIF milik Giphy diambil Instagram setelah Giphy menyaring konten-kontennya

Fitur GIF di Stories Instagram, Kini Tersedia Lagi

SERAMBINEWS.COM - Awal Maret lalu, Instagram tiba-tiba mencabut fitur stiker animasi GIF dari stories, lantaran pengguna menemukan konten berbau rasisme dari Giphy selaku rekanan penyedia konten GIF.

Integrasi antara Instagram dan Giphy pun diputus, hanya dalam waktu setengah jam setelah ditemukannya stiker GIF bersangkutan.

“Konten semacam ini tak punya tempat di Instagram,” sebut Instagram ketika itu Tetapi, penghapusan konten GIF di Instagram Stories tak berlangsung lama, karena pada awal April ini, Instagram menyatakan bakal segera mengembalikan fitur stiker GIF untuk Stories.

Dilansir Serambinews dari  KompasTekno, sejumlah pengguna di Indonesia pun kini terlihat mulai menyematkan GIF di Stories mereka.

Keputusan penggunaan kembali konten GIF milik Giphy diambil Instagram setelah Giphy menyaring konten-kontennya, dan menerapkan mekanisme untuk mencegah hal serupa terulang kembali.

Baca: Irwandi Ingatkan Kepala SKPA jangan Berpikir Kapan Diganti

Baca: Irwandi Terapkan Tender Bersih, Kabinet Baru Harus Jadi “Bamper”

Baca: Bupati Abdya Sewa Pesawat Datangkan Ustaz Abdul Somad, Tabliq Akbar di Dua Lokasi

Menurut keteragan dari Giphy, yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (2/4/2018), rupa-rupanya dulu terdapat bug di sistem moderasi yang menyaring konten GIF, sehingga stiker berbau rasisme bisa muncul tanpa tersaring.

“Setelah memerbaiki bug di filter moderasi konten dan memastikan bahwa stiker (yang melanggar ketentuan) bisa dideteksi, kami menyaring seluruh koleksi stiker kami sebanyak empat kali,” sebut Giphy dalam sebuah pernyataan.

Giphy juga menambah satu lapisan tahapan moderasi konten sebelum dimasukkan ke dalam library yang bisa dipakai pengguna. Instagram agaknya sudah merasa puas dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh rekanannya itu.

“Kami selalu berhubungan dekat dengan Giphy selama prosesnya dan yakin bahwa mereka telah menerapkan pencegahan-pencegahan untuk memastikan pengguna Instagram mendapatkan pengalaman yang baik,” ujar Instagram. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Instagram Kembalikan Fitur GIF di Stories

Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved